Bagikan ke

17 November 2022

Tips Hindari Banjir di Musim Hujan

Berita Perusahaan | Rumah

Seiring bergantinya musim hujan saat ini, membuat beberapa aktivitas terganggu. Hujan dan angin kencang yang tak kunjung berhenti dapat menyebabkan banjir bandang. Anda tentu tidak asing lagi dengan banjir bukan? Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, khususnya Ibukota Jakarta. 

Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah dan mengatasi banjir. Meskipun tidak sepenuhnya dapat menghilangkan bencana alam ini, namun upaya tersebut telah membantu untuk meminimalisir terjadinya banjir. Sebenarnya apa sih penyebab banjir itu? Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya banjir, mulai dari sampah dan minimnya daya serap air. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya agar rumah tidak terkena banjir ? 

Daripada bingung, yuk simak penjelasan dibawah ini terkait penyebab dan cara mengatasi banjir!

Baca juga : Waspadai Banjir Saat Musim Hujan, Berikut Beberapa Produk Asuransi yang Harus Anda Miliki

Penyebab Terjadinya Banjir

Untuk mengatasi banjir tentu Anda harus tahu terlebih dahulu, apa sih penyebab dari banjir? Berikut merupakan beberapa hal penyebab terjadinya banjir, yaitu : 

  1. Melakukan Penebangan Hutan Secara Liar 

Penyebab terjadinya banjir yang pertama adalah penebangan hutan secara liar. Hutan merupakan tempat daerah resapan air yang baik. Namun, dengan adanya penebangan pohon secara liar akan merusak hutan tersebut sehingga daerah resapan air menjadi sedikit. Akibat dari penebangan liar ini yaitu tanah longsor dan banjir. 

  1. Hujan Lebat

Penyebab banjir lainnya adalah hujan lebat. Curah hujan tinggi yang memiliki jumlah air sekitar 20-100 mm/jam bisa menyebabkan genangan air menjadi tinggi dan terjadi banjir. Geografi juga bisa menentukan suatu daerah yang rentan terkena banjir seperti, daerah dekat sungai dan kota berisiko terkena banjir bandang. 

Air hujan akan mengalir ke sungai karena sungai adalah tempat pembuangan akhir dan air hujan. Namun, tidak semua sungai dapat menampung banyaknya air hujan. Hal ini akan membuat air hujan meluap ke daratan dan terjadilah banjir. 

  1. Global Warming

Adanya perubahan iklim di seluruh dunia ini merupakan akibat dari peristiwa Global Warming (pemanasan global). Dari peristiwa ini awal mula terjadinya penyebab-penyebab banjir. Dampak dari pemanasan global ialah perubahan iklim yang tidak teratur, salah satunya hujan lebat dalam waktu lama yang menyebabkan banjir. 

  1. Membuang Sampah Sembarangan 

Penyebab banjir selanjutnya yang seringkali diremehkan adalah membuang sampah sembarangan baik di selokan ataupun di sungai. Hal ini seringkali dianggap sepele padahal dapat menjadi penyebab banjir lho. 

Membuang sampah sembarangan mengakibatkan air hujan tidak dapat mengalir dengan baik. Air hujan akan mengalami peluapan ke darat sehingga terjadilah banjir. Contoh kecil yang dapat Anda lihat sehari-hari adalah selokan, jika di dalam selokan terdapat sampah yang menumpuk maka air pada selokan akan meluap dan menggenang di jalan. Nah, dari sana Anda harus lebih memperhatikan kebersihan selokan di sekitar rumah agar tidak terjadinya peluapan air yang akan menyebabkan banjir. 

  1. Pembangunan di Pemukiman 

Penyebab banjir lainnya adalah adanya pembangunan besar-besaran di daerah pemukiman. Hal ini dapat menyebabkan banjir karena bisa menghilangkan daratan kosong tempat resapan air hujan. Bahkan, pembangunan yang dilakukan secara besar-besaran akan meningkatkan risiko banjir hingga 6 kali lipat. 

Masalah ini sering terjadi di beberapa kota besar yang pembangunannya tidak terencana dengan baik. Selain itu, kurangnya pengawasan terhadap pembuatan sumur resapan di beberapa daerah perkotaan. Akibatnya daerah yang seharusnya berfungsi sebagai hidrologis atau daerah yang memiliki kemampuan untuk menyerap air ke dalam tanah menjadi berkurang.

Cara Menghindari Banjir

Dari beberapa penyebab banjir di atas apakah Anda pernah melakukannya? Jika iya, maka sudah saatnya Anda menjaga kebersihan di sekitar Anda untuk membantu menghindari terjadinya banjir, terutama di rumah Anda. Berikut merupakan cara mengatasi dan menghindari banjir: 

  1. Membersihkan Saluran Air

Cara pertama agar rumah Anda terhindar dari banjir adalah membersihkan saluran air. Ajaklah orang-orang di sekitar lingkungan Anda untuk bergotong royong membersihkan saluran air secara berkala, hal ini bertujuan untuk menghindari penghambatan pada saluran air yang akan berpotensi terjadinya banjir. 

Kunci utamanya adalah selalu menjaga lingkungan sungai atau selokan dengan baik dan bersih. Jangan jadikan sungai dan selokan sebagai tempat pembuangan sampah. 

  1. Memiliki Taman di Rumah 

Cara kedua adalah menanam beberapa pohon dan tanaman hijau di rumah. Pohon dan tanaman hijau juga dapat membantu mencegah banjir. Akar pada tanaman berfungsi sebagai jalur air untuk masuk ke dalam pori-pori tanah. Tanpa tanaman, air hujan sulit untuk menembus tanah secara dalam karena ada bebatuan yang menghalangi, sehingga volume di air menggenang dan meningkatkan potensi banjir. 

Dengan adanya tanaman hijau di rumah, Anda akan selangkah lebih maju untuk mencegah terjadinya banjir. 

  1. Membuang Sampah pada Tempatnya 

Seperti yang sudah di bahas di atas sampah merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir, maka untuk mencegah terjadinya banjir buanglah sampah pada tempatnya. Tidak sedikit oknum yang sering membuang sampah sembarangan terutama ke sungai, hal ini sangat berdampak buruk kedepannya. Selain menyebabkan banjir, dengan membuang sampah sembarangan dapat merusak ekosistem di sungai. Pengelolaan sampah yang tepat dapat mencegah terjadinya banjir. Jadi, mulailah membuang sampah pada tempatnya ya! 

  1. Gunakan Paving Block 

Cara mencegah banjir selanjutnya adalah mengaplikasikan paving block. Bukannya paving block dapat menghambat turunnya air ? Malah sebaliknya loh, paving block berfungsi untuk menyerap air dan membantu menyalurkannya ke dalam tanah. Paving block memiliki celah berpori yang menjadi daya serap paving block sehingga air hujan akan tetap masuk ke dalam tanah. Keseimbangan air tanah lebih terjaga sehingga dapat menopang beban diatasnya. 

Paving block juga berfungsi untuk  menjamin adanya ketersediaan air tanah yang bersih, agar dapat dibor atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan paving block di halaman depan rumah Anda agar tampilannya terlihat lebih rapi dan tertata. 

  1. Menyediakan Biopori di Lingkungan Rumah 

Selain menggunakan paving block, Anda juga dapat menyediakan biopori di sekitar lingkungan rumah. Lubang biopori dan sumur resapan akan membantu mencegah terjadinya banjir karena air akan dapat terserap ke tanah. Hal ini sangat dianjurkan untuk lingkungan yang permukaan tanahnya banyak dilapisi dengan aspal. Di perkotaan orang-orang biasa melakukannya untuk membantu penyusutan volume air jika terjadi genangan saat hujan. 

  1. Tidak Melakukan Penebangan Liar

Cara mencegah banjir selanjutnya adalah tidak melakukan penebangan secara liar. Karena pohon memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya banjir. Menebang pohon tidaklah salah apabila Anda melakukan reboisasi kembali dengan menanam tunas pohon yang baru. Hal ini bertujuan agar hutan tidak menjadi gundul.  

Selain tidak melakukan penebangan liar, hendaknya Anda juga tetap melestarikan hutan dengan mengurangi penggunaan kertas, tissue, dan barang yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Mulailah melestarikan lingkungan, menanam satu pohon dapat menyelamatkan ribuan makhluk hidup. 

  1. Menghindari Membangun Rumah di Pinggiran Sungai 

Solusi terakhir adalah jangan membangun rumah di pinggiran sungai. Karena banyaknya pembangunan rumah di pinggir sungai akan membuat tatanan masyarakat tidak teratur dan menyebabkan banjir. Selain itu, tanah di dekat sungai tidak kokoh sehingga sering terjadi erosi. 

Baca juga : Penting! 8 Cara Cegah Kebocoran Rumah

 

Nah, dari tulisan di atas Anda sudah mengetahui apa saja penyebab banjir, bukan? Mulai sekarang Anda sudah bisa mengantisipasi hal tersebut. Pada umumnya hal yang masih sering lalai dilakukan oleh beberapa orang adalah membuang sampah sembarangan, hal ini terlihat sepele namun dapat menjadi penyebab utama banjir. Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menanam pohon dan tanaman hijau di sekitar rumah Anda agar tanah memiliki daya serap yang baik. 

Di cuaca seperti ini tentu hati resah dan tidak nyaman. Namun, Raksa selalu siap sedia melayani dalam situasi banjir sekalipun. Komitmen Raksa adalah memberikan layanan yang cepat namun tetap memperhatikan kualitas. Ingin tau info lebih lanjut mengenai Raksa? Cek selengkapnya di www.raksaonline.com.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

PT Asuransi Raksa Pratikara telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

 

Artikel Terkait

Lindungi Rumah, Langkah Awal Sayangi Keluarga

Selengkapnya