Bagikan ke

16 November 2022

Kenali! 9 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah

Berita Perusahaan | Otomotif

Permasalahan transmisi mobil sulit untuk diindikasi. Terutama pada mobil yang bertransmisi secara otomatis, yang lebih ribet ketimbang mobil transmisi manual. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda tau apa itu transmisi? Transmisi memiliki fungsi sebagai pengubah kecepatan serta tenaga putar. Kecepatan dan tenaga putar dari mesin tersebut akan digunakan sebagai penggerak kendaraan. Sederhananya, transmisi pada mobil adalah perpindahan gigi untuk mengubah kecepatan kendaraan.

Secara umum, transmisi mobil dibagi menjadi 2, yaitu transmisi mobil manual dan otomatis. Tentu saja hal ini berbeda dari cara pemindahan transmisinya, untuk mobil dengan transmisi manual, Anda harus dapat memindahkan transmisi atau gigi dengan menggunakan persneling secara manual. 

Transmisi mobil merupakan komponen penting yang harus Anda periksa secara berjangka. Setidaknya Anda mengetahui tanda-tanda jika transmisi sedang bermasalah, agar dapat mengantisipasi kerusakan yang parah. Tanda-tanda awal jika terjadi masalah pada transmisi Anda, yaitu perpindahan gear susah, terdapat suara dengungan pada sistem transmisi, gearbox bermasalah dan masih banyak lagi. Jika ingin tahu apa saja tanda-tandanya, Anda dapat menyimak uraian di bawah ini!

Baca juga : Ketahui Penyebab Mobil Boros, Agar Kantong Tidak Jebol
 

Tanda-Tanda Transmisi Bermasalah

  1. Perpindahan Gear Susah

Tanda pertama bahwa transmisi bermasalah adalah susah memindahkan gear. Hal ini sering terjadi pada transmisi secara manual yang sulit memindahkan gear dari netral ke gigi 1. Biasanya kondisi ini terjadi karena masalah pada sarana penghubung tuas dengan withdrawal lever atau biasa dikenal garpu kopling yang berfungsi untuk perpindahan gear

Sarana penghubung tersebut berupa tali kopling atau master kopling. Penyebab lainnya bisa ada komponen yang telah termakan usia dan harus diganti dengan yang baru. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda memeriksa secara rutin komponen tersebut sebelum terjadi permasalahan pada transmisi. 

  1. Kebocoran Oli Transmisi

Tanda kedua adalah kebocoran oli transmisi. Kondisi ini adalah salah satu masalah pada transmisi yang mudah diketahui. Oli transmisi pada mobil matic sangat rentan dalam pertukaran gear, apabila terjadi sedikit kebocoran pada oli transmisi maka akan menimbulkan masalah yang besar.  

Warna oli transmisi normalnya berwarna merah terang bersih, dan sedikit bau amis. Sedangkan oli transmisi yang harus diganti berwarna gelap dan bau terbakar. 

Untuk transmisi manual, pengecekan oli transmisi tidak semudah melakukan pengecekan transmisi pada mobil matic. Anda harus membuka kotak transmisinya dan harus memerlukan tenaga ahli agar tidak terjadi konslet pada mesin. Coba sekarang cek oli transmisi mobil Anda, apakah sudah seharusnya diganti atau belum? Lebih baik mencegah daripada menyesal di kemudian hari ya!

  1. Kopling Seret

Tanda selanjutnya yang paling sering dirasakan oleh pengemudi adalah kopling seret. Penyebab kopling seret adalah gagal terlepaskan disk kopling dari flywheel saat menginjakan pedal kopling. Situasi ini menyebabkan pengemudi tidak dapat memindahkan gigi karena kopling masih tersangkut di putaran mesin. 

Apabila kopling tetap dipaksakan, maka akan berbunyi suara seret seperti mesin penggilingan. Penyebab kopling seret lainnya adalah pedal kopling yang terlalu longgar. Kopling yang longgar akan menyebabkan kabel atau hubungan antara pedal kopling dengan disk tidak cukup untuk melepaskan disk clutch dari pressure plate. Jika kopling pada mobil Anda sudah sering seret, segera periksakan mobil Anda ke bengkel agar dapat ditangani dengan cepat. 

  1. Mobil Telat Merespon

Nah, tanda lainnya adalah ketika Anda menginjak pedal gas mesin mobil menderu, tetapi mobil melaju lambat tidak normal. Kondisi ini kemungkinan terjadi karena drive plat kopling mobil kamu sangat tipis. Drive plat berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan tenaga dari mesin ke bagian transmisi. Ketika mesin berputar, plat kopling juga berputar untuk meneruskan tenaga tersebut.

Namun, berbeda halnya pada mobil matic penyebab mobil telat merespon karena kinerja body valve yang melemah. Body valve merupakan pusat kendali transmisi otomatis sebagai wadah cairan hidrolik. Selanjutnya, cairan tersebut akan mengalir ke katup agar kopling dapat bekerja dengan baik. 

  1. Indikator Check Engine Menyala

Tanda awal ketika transmisi bermasalah yang mudah Anda ketahui adalah menyalanya indikator check engine. Namun, cahaya lampu check engine ini juga pertanda adanya kerusakan pada komponen lain yang tidak berhubungan dengan transmisi. Oleh sebab itu, saat indikator check engine menyala sebaiknya Anda segera membawanya ke bengkel agar diperiksa secara menyeluruh penyebabnya.

Untuk mobil keluaran terbaru biasanya dipasangkan sensor pada semua komponen mesin yang akan mengirim informasi ke komputer apabila terjadi masalah pada komponen tersebut. Dalam kondisi transmisi, sensor dapat mengetahui getaran dan mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu dari pengemudi. JIka Anda sudah merasakan keanehan pada transmisi mobil, jangan didiamkan dan segera ke bengkel. 

  1. Bau Oli Terbakar

Tanda transmisi bermasalah selanjutnya yang dapat Anda identifikasi adalah tercium bau oli terbakar. Penyebab bau oli terbakar ini karena terjadi overheating pada transmisi sehingga harus diberikan pelumas. Fungsi pelumas ini untuk membantu mempermudah pergerakan komponen dan mempertahankan stabilitas suhu komponen yang dilumuri. Selain itu, ada beberapa kendaraan yang mempunyai mini radiator sebagai pendingin pelumas. 

Jika mobil Anda berbau oli terbakar berarti volume pelumas transmisi sudah berkurang, baik karena bocor atau pelumas telah kotor. 

  1. Mobil Terasa Bergetar

Tanda lainya adalah mobil Anda sering terasa bergetar dan tersendat-sendat. Apabila hal ini terjadi pada mobil Anda, periksalah mobil Anda di bagian kampas kopling bisa saja kampas kopling Anda aus sehingga menyebabkan permukaan kompas kopling tidak rata.  

  1. Gear Slip

Tanda transmisi bermasalah selanjutnya adalah gear slip. Kondisi ini gear akan berganti posisi tiba-tiba dengan sendirinya, contohnya dari yang awalnya gigi dua tiba-tiba berpindah ke netral. Apabila secara normal, gear mobil akan tetap pada posisinya yang telah diatur oleh pengemudi atau sistem komputer akan memindahkan sendiri gearnya pada jangkauan RPM tertentu.  

Gear slip sangat berbahaya jika Anda berada pada kecepatan tinggi dan kehilangan daya di bagian roda. Sebab, Anda dapat kehilangan kendali. Untuk itu segera periksa karena permasalahan pada gear slip tentu disebabkan oleh transmisi. 

  1. Terdapat Suara Dengungan

Tanda terakhir ketika transmisi Anda bermasalah adalah terdapat suara dengungan pada mesin. Pada awalnya suara dengungan itu seperti suara mesin. Akan tetapi, lama kelamaan suara tersebut akan bertambah keras dan muncul bunyi mirip ketukan benda tumpul yang beradu. Suara tersebut terjadi akibat benturan komponen piranti transmisi karena pergerakannya terhambat akibat kurangnya dorongan oli transmisi. 

Selain itu, terdapat suara berisik ketika mobil pada posisi netral. Suara berisik tersebut berasal dari bearing-bearing yang aus, terutama yang berada pada input shaft. Input shaft adalah wadah aliran tenaga mesin dari kopling ke roda gigi.

Baca juga : Kapan Sebaiknya Servis Mobil Dilakukan?
 

Nah, setelah mengetahui tanda-tanda masalah pada transmisi mobil maka mulai sekarang Anda sudah bisa mengantisipasi hal tersebut. Apabila Anda sudah mengetahui tanda-tanda tersebut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke bengkel agar dapat diatasi dengan tepat. Namun, ada hal yang tidak kalah penting yang harus Anda lakukan yaitu melengkapi mobil Anda dengan layanan asuransi. 

Dengan produk unggulan Asuransi Raksa, Anda dapat melindungi mobil kesayangan Anda. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi kendaraan bermotor melalui www.raksaonline.com dan berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24 Jam, layanan derek, serta REQS juga dapat Anda akses. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.

Ragu berasuransi di Raksa? Yuk cobain dulu layanan terbaiknya.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

 

PT Asuransi Raksa Pratikara telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait