Bagikan ke

7 February 2023

Wajib Terapkan 7 Resolusi Keuangan di Tahun 2023

Berita Perusahaan | Trivia

Di awal tahun baru ini, Anda tentu sudah mempunyai beberapa resolusi yang ingin dicapai. Pada umumnya, setiap orang akan melakukan perubahan dalam hidup mereka ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Di antara banyaknya resolusi yang paling sering dilakukan, resolusi keuangan menjadi bagian yang penting. Resolusi keuangan akan membantu Anda untuk dapat lebih mudah dan efisien mengelola keuangan, sehingga kondisi keuangan akan lebih dari tahun sebelumnya.

Namun, untuk mencapai resolusi keuangan tidak mudah dan cepat. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan tolak ukur dan aturan baru yang jelas terlebih dahulu agar keuangan dapat tercapai dengan baik. Jadi, siapkah Anda untuk melakukan resolusi keuangan di tahun ini? 

Persiapkan dan mulai resolusi keuangan juga tahun ini dengan menyimak 7 resolusi keuangan yang wajib Anda terapkan! 

Baca juga : Mengatur Keuangan: Keinginan atau Kebutuhan?

  1. Susun dan Jalankan Anggaran Keuangan

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengawali resolusi keuangan adalah dengan cara menyusun anggaran keuangan terlebih dahulu. Anda dapat membuat anggaran baru ataupun memperbaiki anggaran di tahun sebelumnya. Namun, jangan berlebihan dalam menyusun anggaran, pemasukan dan pengeluaran perlu seimbang dan dapat mendukung hidup secara efektif. 

Sebaik apapun anggaran yang Anda buat, tidak akan bermanfaat jika Anda tidak menjalankannya dengan baik. Oleh sebab itu, mulailah disiplin dalam menjalankan anggaran keuangan yang telah disusun sehingga resolusi keuangan dapat membawa dampak positif bagi keuangan Anda. 

  1. Mempunyai Dana Darurat 

Mempunyai dana darurat adalah salah satu hal yang harus mulai Anda lakukan tahun ini. Mempunyai dana darurat merupakan kunci untuk tetap mempertahankan tujuan Anda ketika hal yang tak terduga terjadi. 

Namun, Anda harus ingat dana darurat berbeda dengan tabungan. Tujuan mempunyai dana darurat ini harus jelas untuk menghindari penggunaannya sesuka hati. Jika perlu, buatlah rekening baru lain khusus untuk menyimpan dana darurat. 

Apabila Anda telah menerapkan hal ini, Anda tidak perlu lagi berpikir untuk menguras tabungan apabila terjadi hal darurat. 

  1. Tingkatkan Saldo Tabungan 

Hal yang perlu Anda terapkan selanjutnya adalah meningkatkan saldo tabungan. Apabila Anda menyimpan tabungan di rekening tabungan konvensional, Anda dapat mulai mencoba menyimpan tabungan di tempat dimana saldo tabungan Anda akan bertambah seperti high-yield savings account ataupun sertifikat deposito.  

  1. Menabung Dana Pensiun  

Selanjutnya, resolusi keuangan yang harus Anda lakukan adalah menabung untuk dana pensiun. Menabung 5 sampai 10 persen dari pendapatan kotor Anda harus menjadi target untuk masa pensiun. Presentase ini tidak termasuk jumlah yang Anda tabung dalam dana darurat Anda. 

Jika Anda ingin meningkatkan tabungan pensiun di tahun ini, Anda dapat mencoba membuka kerja sampingan dan meningkatkan kontribusi di tempat kerja. Di beberapa tempat kerja, kontribusi yang besar dapat menambah pemasukan Anda. Apabila gaji Anda naik dalam waktu dekat, Anda dapat meningkatkan presentasi dana tabungan. 

  1. Lunasi Kartu Kredit

Segera lunasi hutang kartu kredit Anda karena hutang kartu kredit dapat bertambah setiap bulannya karena suku bunga kartu kredit cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan suku bunga jenis hutang lainnya.

Apabila Anda terjebak di kondisi dimana bekerja untuk membayar hutang, maka pertimbangkanlah untuk mengambil kerja sampingan agar dapat meningkatkan penghasilan bulanan dan dapat membayar cicilan tepat waktu. Selain itu, Anda dapat mengevaluasi anggaran bulanan Anda dan mencari anggaran mana yang dapat dikurangi dan dialokasikan untuk membayar hutang kartu kredit.

Jika Anda ingin meningkatkan tabungan pensiun di tahun ini, Anda dapat mencoba membuka kerja sampingan dan meningkatkan kontribusi di tempat kerja. Di beberapa tempat kerja, kontribusi yang besar dapat menambah pemasukan Anda. Apabila gaji Anda naik dalam waktu dekat, Anda dapat meningkatkan presentasi dana tabungan. 

  1. Mengurangi Pengeluaran Konsumtif

Selanjutnya, resolusi keuangan yang harus Anda lakukan adalah menabung untuk dana pensiun. Menabung 5 sampai 10 persen dari pendapatan kotor Anda harus menjadi target untuk masa pensiun. Presentase ini tidak termasuk jumlah yang Anda tabung dalam dana darurat Anda. 

Jika Anda ingin semua resolusi keuangan tercapai, Anda harus mulai mengurangi pengeluaran yang sekiranya dinilai sebagai pengeluaran konsumtif dan lebih fokus pada keuangan yang memang Anda butuhkan ataupun produktif. Seperti untuk berinvestasi, membeli properti yang dapat dijadikan aset masa depan. 

Tujuan keuangan yang jelas dan produktif dapat memperbaiki keuangan yang tidak sehat. Ada banyak pengeluaran yang bersifat konsumtif dan dasarnya tidak terlalu diperlukan. Hindarilah belanja berlebihan atau implusif.

Mulai kenali pengeluaran yang berbau konsumtif dan pangkas pengeluaran ini dalam keuangan Anda. Dengan begitu, Anda dapat berhemat dan menyimpan lebih banyak uang ke depannya. 

  1. Membeli Asuransi

Bergabung dengan asuransi memang akan menambah pengeluaran setiap bulan. Dengan adanya asuransi akan membuat hati Anda lebih tenang dan tidak takut dana tabungan atau dana darurat Anda terkuras apabila terjadi risiko kedepannya. Jadi apakah Anda yakin tidak ingin memiliki asuransi?

Pertimbangkanlah prospek jangka panjangnya karena asuransi dapat melindungi dari berbagai risiko finansial yang dapat terjadi kapan saja di masa depan. 

Baca juga : 3 Peluang Bisnis Patut Dicoba, Dari Modal Kecil Bisa Raih Keuntungan Besar! 

 

Jadi, itulah beberapa langkah yang perlu Anda dan keluarga terapkan dalam mengatur dan mengelola kondisi keuangan keluarga Anda agar terbebas dari segala risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Pastikan Anda memiliki kesiapan yang matang untuk menyambut ketidakpastian di tahun yang baru ini, salah satunya dengan mulai berasuransi. Terdapat berbagai jenis produk asuransi perlindungan dari Raksa untuk Anda dan keluarga. 

Selain itu Anda dapat mempercayakan aset berharga Anda di Raksa. Anda dapat melindungi aset berharga Anda dengan produk-produk unggulan Asuransi Raksa. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi melalui www.raksaonline.com dan berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24 Jam dan Raksa Online App yang dapat Anda download di APP Store dan Play Store. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.


RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.
 

PT Asuransi Raksa Pratikara telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait