Bagikan ke

31 July 2022

Tips Tingkatkan Sistem Keamanan di Rumah Agar Tidak Kebobolan

Berita Perusahaan | Rumah

Meningkatkan sistem keamanan di rumah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan mengingat kasus kemalingan dan pembobolan rumah kini semakin marak terjadi. Mulai dari kelalaian penghuni hingga pembobolan yang disertai dengan kekerasan dapat memberikan risiko yang fatal. Jika Anda pernah mengalami hal ini, tentu akan menjadi pembelajaran bagi Anda untuk melengkapi rumah dengan penjagaan yang ketat, terlebih jika Anda sering bepergian keluar rumah dan tidak memiliki asisten atau satpam sebagai penjaga. Risau dan was-was ada baiknya untuk menerapkan beberapa cara di bawah ini, agar rumah tetap aman dan kenyamanan pun tetap terjaga.

Rutin Membersihkan Halaman Rumah

Selain rumah terlihat asri dan indah, halaman rumah yang bersih dan terawat juga dapat membantu meningkatkan keamanan rumah. Rumah yang bersih dan terawat memberikan tanda bahwa rumah tersebut tidak kosong, sehingga memberikan keraguan pada maling atau pencuri untuk melakukan pembobolan rumah.

Rutinlah menyapu dan merapikan tanaman setidaknya satu minggu sekali. Jangan biarkan tanaman tumbuh merambat atau rimbun pada satu tempat yang sama dan jangan menaruh barang-barang berharga yang dapat mengundang perhatian seperti pot atau vas bunga antik di teras atau halaman. Cara ini terbukti efektif dalam menjaga keamanan rumah. Halaman rumah yang terawat akan terhindar dari semak-semak dan tumbuhan liar yang dapat digunakan sebagai tempat persembunyian pencuri.

Baca juga:  3 Fungsi Halaman Rumah yang Harus Anda Tahu

 

Menyalakan Lampu Saat Meninggalkan Rumah

Kondisi rumah tanpa penerangan dapat memberikan sinyal kepada pencuri bahwa rumah sedang kosong. Apabila Anda dan keluarga hendak melakukan aktivitas atau perjalanan jauh dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya untuk membiarkan lampu rumah tetap menyala. Anda dapat meminta bantuan tetangga atau kerabat untuk mengontrol dan mengawasi rumah Anda, sehingga tidak ada kesempatan bagi maling atau pencuri untuk melakukan pembobolan.

Jangan Lupa Mengunci Pintu dan Jendela

Keamanan di rumah akan lebih terjaga jika Anda tidak lupa mengunci pintu dan jendela rumah. Pintu dan jendela rumah yang terbuka dapat memberikan kesempatan kepada pencuri untuk masuk dan melihat perabotan rumah Anda. Alhasil kemungkinan risiko pembobolan dapat terjadi. Mengantisipasi hal ini, Anda dapat menentukan waktu kapan pintu dan jendela sudah harus dikunci. Bukalah pada pagi hari dan tutup kembali pada waktu sore menjelang malam. Sebagai alternatif, Anda juga dapat melengkapi pintu dan jendela dengan gorden dan terali besi agar untuk menghalau maling atau pencuri masuk ke rumah Anda dengan lebih mudah.

Kenali Lingkungan dan Tetangga

Mengenali kondisi lingkungan rumah dan menjaga silaturahmi dengan tetangga dapat memberikan banyak manfaat. Meminta tolong kepada tetangga terdekat untuk selalu mengawasi rumah saat Anda sedang bepergian dapat menjadi alternatif memastikan kondisi keamanan rumah dapat selalu terjaga. Cobalah untuk berteman dengan seluruh keluarga yang ada di lingkungan tempat tinggal. Jika sudah saling mengenal, Anda dan tetangga akan lebih mudah mendeteksi jika ada orang asing yang masuk ke lingkungan rumah. Alhasil, kerjasama dapat terjalin untuk saling menjaga dan mengawasi rumah masing-masing.

Gunakan Peralatan Keamanan Rumah

Cara menjaga keamanan rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan peralatan pengaman rumah. Ada beberapa hal yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi dan situasi rumah Anda. Berikut jenisnya:

1. CCT

keamanan di rumah

Fungsi utama CCTV adalah untuk memperkuat sistem keamanan rumah. CCTV dapat membantu melakukan perekaman digital dan mengirimkannya ke layar monitor Anda. Menariknya Anda dapat menyambungkannya langsung ke smartphone sehingga Anda dapat melakukan pengontrolan dan mengetahui kondisi rumah Anda secara langsung kapanpun dan dimanapun Anda berada.

2. Kunci Digital

Sering lupa mengunci pintu saat bepergian, menggunakan pintu dengan sistem kunci digital dapat menjadi solusi bagi Anda dan keluarga dalam menjaga dan meningkatkan sistem keamanan rumah. Pintu dengan kunci digital akan melakukan penguncian secara otomatis saat pintu ditutup. Menariknya, Anda tidak perlu takut dan khawatir lagi apabila lupa menaruh atau membawa kunci saat bepergian, karena Anda cukup mengetikkan kode akses maka pintu akan segera terbuka secara otomatis.

3. Alarm

Alarm adalah salah satu alat pengaman rumah yang paling banyak digunakan karena mampu memberikan manfaat maksimal dalam menjaga keamanan rumah. Suara keras alarm dapat memberikan sinyal bahaya pada Anda jika rumah dimasuki oleh orang yang tidak dikenal. Pencuri pun menjadi takut dan akhirnya pergi meninggalkan rumah dengan segera. Alhasil, rumah tetap aman terlindungi karena pencurian berhasil untuk dicegah.

4. Kawat Berduri

Kawat berduri hingga kini masih menjadi salah satu alat pengaman rumah yang ampuh untuk digunakan. Jika Anda memiliki halaman rumah yang luas dan pagar yang dekat dengan pepohonan, jangan ragu untuk memasang kawat berduri di atas pagar untuk mengantisipasi maling atau pencuri masuk ke halaman rumah. Anda dapat melakukan pemasangan kawat berduri secara mandiri di rumah dengan hati-hati. Sesuaikan besar kawat berduri dengan tinggi dan luas pagar Anda. Lakukanlah pemasangan kawat berduri dengan hati-hati agar tidak melukai tangan atau tubuh Anda sendiri.

5. Biometrik Wajah

Ingin teknologi pengaman rumah yang lebih canggih? Anda dapat menggunakan biometrik wajah untuk meningkatkan keamanan rumah kesayangan Anda. Sama halnya seperti di smartphone, biometrik wajah bekerja menggunakan face ID sehingga lebih simpel dan menarik untuk digunakan. Anda hanya perlu melakukan verifikasi wajah pada sistem, sehingga Anda dapat membuka pintu atau akses masuk rumah hanya dengan menunjukkan wajah Anda pada kamera yang ada di sistem biometrik.

6. Pagar Otomatis

Ingin membuat rumah aman dari pencuri atau maling, menggunakan pagar otomatis dapat menjadi alternatif bagi Anda dan keluarga. Menariknya, pagar otomatis memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan pintu kunci digital. Pagar otomatis akan terbuka dan tertutup dikendalikan menggunakan remote control. Alhasil, Anda pun dapat membuka dan menutup pintu tanpa harus keluar dari mobil Anda. Sayangnya, pagar otomatis ini memiliki kelemahan tersendiri, yaitu lambat dalam membuka dan menutup, sehingga Anda harus sabar menunggu pintu terbuka lebar untuk dapat masuk ke halaman rumah.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Smart Home di Rumah, Berikut Penjelasannya

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan rumah Anda. Selain melakukan perawatan dan melengkapi rumah dengan berbagai peralatan pengaman. Hal terpenting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memberikan proteksi pada rumah dengan membeli produk asuransi dari perusahaan terbaik.

Asuransi Raksa menawarkan berbagai macam produk perlindungan rumah. Ada pilihan produk Raksa Estatecare Insurance yang dapat melindungi rumah Anda dari risiko kerusakan akibat kebakaran dan kebongkaran, Raksa Fire Insurance yang dapat melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran, dan asuransi Raksa Becare Insurance yang dapat melindungi harta benda beserta dengan seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah Anda dari risiko cedera saat pencurian yang disertai dengan kekerasan terjadi.

Ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan diri dan anggota keluarga beserta dengan finansial Anda dari segala risiko tersebut, agar keamanan dan kenyamanan hidup Anda dapat lebih terjamin. Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Artikel Terkait