Bagikan ke

16 November 2022

Pusing Motor Sering Mogok? Ketahui Penyebab dan Perawatannya!

Berita Perusahaan | Otomotif

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi bagi masyarakat di Indonesia. Sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan motor dibandingkan dengan mobil karena lebih efisien dan hemat bahan bakar. Tapi pernahkan Anda sedang berkendara dan tiba-tiba motor Anda mogok? Situasi seperti ini pasti sangat menjengkelkan, terutama jika Anda sedang terburu-buru. 

Dikarenakan motor sebagai alat transportasi yang sering Anda gunakan sehari-hari, maka motor akan rentan mengalami kerusakan. Sebagai pemilik sepeda motor, Anda wajib mengetahui penyebab motor sering rusak dan cara merawatnya dengan baik dan tepat. Sebab Anda dapat memperbaiki motor sendiri apabila terjadi kerusakan tiba-tiba, namun jika motor Anda rusak parah Anda dapat memberikan pertolongan di awal sebelum di bawa ke bengkel. Ingin tahu penyebab dan cara merawat motor dengan tepat? Yuk Simak di bawah ini!

Baca juga : Pahami Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor: Comprehensive atau TLO?

 

  1. Jarang Mengganti Oli Mesin

Penyebab motor cepat rusak yang pertama adalah jarang mengganti oli mesin. Oli mesin pada motor perlu diganti secara berkala, apabila Anda jarang mengganti oli mesin maka akan menyebabkan komponen pada mesin mengalami kerusakan. Pergantian oli motor dianjurkan 1 bulan sekali atau mengganti oli jika jarak tempuh motor Anda telah mencapai 2000 sampai 3000 km. Jarang mengganti oli akan membuat tarikan pada motor Anda terasa berat. 

Anda juga harus memperhatikan kualitas oli yang ingin digunakan, jangan tergiur dengan oli harga murah. Setiap motor membutuhkan oli yang tepat untuk konfigurasi mesinnya. Terutama pada motor matic yang memiliki dua ruang yang harus diisi dengan oli yang berbeda, yaitu oli mesin dan transmisi. 

  1. Menggunakan Bahan Bakar yang Salah

Penyebab motor mudah rusak dan mogok dapat disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang salah. Dalam memilih bahan bakar harus memperhatikan kualitasnya. Sebaiknya Anda memilih bahan bakar yang cocok dengan kompresi motor dan mempunyai kadar oktan tinggi. Bahan bakar yang memiliki oktan tinggi tingkat pembakarannya lebih baik dan tingkat polutan yang dikeluarkan lebih rendah. 

Apabila Anda menggunakan motor matic sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan 92 karena motor matic menggunakan teknologi injeksi. Teknologi injeksi digunakan pada motor matic untuk membentuk pembakaran sempurna dan pemakaian bensin akan lebih irit. 

  1. Filter Motor Kotor

Selanjutnya, penyebab motor mudah rusak lainnya adalah filter motor yang tidak pernah dibersihkan atau diganti. Apabila kondisi filter motor kotor akan menyebabkan motor sering mogok. Selain membuat motor mogok, filter yang kotor akan membuat tarikan gas lebih berat. Anda harus lebih memperhatikan filter udara pada motor karena filter memiliki fungsi penting yaitu menyaring debu dan kotoran agar tidak bercampur dan menghambat kinerja mesin. 

Gantilah filter udara Anda saat melakukan servis rutin, filter udara harus diganti sesuai dengan petunjuk pabrik atau anjuran dari bengkel langganan Anda. 

  1. Mesin Motor Sering Overheat

Motor yang sering mogok tiba-tiba biasanya dikarenakan mesin motor mengalami overheat atau terlalu panas. Jika hal ini sering terjadi terus-menerus maka akan membuat motor Anda cepat rusak. Mesin motor yang terlalu panas dikarenakan sistem pembakaran atau gesekan antara piston dengan liner-nya. Situasi ini akan membuat suhu pada mesin naik dengan cepat sehingga liner boring dan piston menjadi macet. 

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda memberikan jeda penggunaan motor selama satu jam. Apabila motor sering mengalami overheat maka sebaiknya Anda membawa motor ke bengkel untuk melakukan perbaikan. 

  1. Jarang Membersihkan Drive Belt 

Penyebab lainnya adalah jarang membersihkan drive belt. Apabila drive belt Anda kotor akan menimbulkan kerak dan umur pemakaiannya tidak lama atau mudah putus. Kerak ini berasal dari debu jalanan dan oli yang tumpah akibat seal yang bocor. Selain itu, drive belt yang rusak akan menimbulkan suara berisik dari CVT, jika Anda mengalami situasi ini segera menuju bengkel langganan Anda untuk melakukan service motor karena dikhawatirkan terdapat part yang rusak.

  1. Setelan Klep Mesin Tidak Sesuai 

Penyebab motor mudah rusak yang terakhir adalah setelan klep mesin yang tidak sesuai. Contohnya, klep mesin yang dipasang terlalu rapat. Kondisi ini akan membuat mesin pada motor cepat panas. Maka sebaiknya Anda memasang klep dengan tepat dan sesuai anjuran dari pabrik, jika Anda tidak mengetahui cara memasang yang tepat sebaiknya Anda membawanya ke bengkel resmi untuk melakukan pemasangan.

  1. Jarang melakukan Perawatan AKI

Aki mempunyai peranan penting pada sepeda motor untuk menghasilkan arus listrik yang berfungsi untuk mengaktifkan klakson, starter motor, dan speedometer. Mati AKI seringkali terjadi pada motor matic, kondisi ini akan membuat power pada starter motor mati. Sehingga Anda harus menghidupkan motor secara manual menggunakan kick starter. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan pergantian AKI dalam 7-8 bulan.

Baca juga : Berkendara Dengan Aman, Berikut 7 Tips Hindari Kecelakaan

 

Nah, itu tadi merupakan penyebab motor Anda cepat rusak dan cara merawatnya. Anda harus selalu memastikan kondisi sepeda motor dalam kondisi baik sebelum menggunakannya, sehingga motor Anda tidak mengalami mogok secara tiba-tiba. Lakukanlah perawatan secara berkala pada sepeda motor Anda untuk mencegah terjadinya kerusakan parah. Selain merawat motor, penting bagi Anda untuk mencegah risiko dan kerugian lainnya dengan dengan menggunakan asuransi bermotor roda dua dari Asuransi Raksa dengan produk Raksa Motorbike Insurance 

Meskipun risiko dan kerugian belum tentu menimpa, dengan bantuan perlindungan asuransi maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam melindungi dan menyayangi keluarga Anda. Asuransi bermotor roda dua membantu Anda menghadapi berbagai peristiwa dan musibah tidak terduga. Apabila Anda ragu akan biaya asuransi bermotor roda dua, Anda dapat mengunjungi website kami di www.raksaonline.com. Raksa Motorbike Insurance akan membantu Anda dalam menemukan asuransi rumah terbaik untuk perlindungan rumah tinggal Anda. Info lebih lanjut, hubungi tim marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

PT Asuransi Raksa Pratikara telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait

Spare Part Mobil Copotan, Aman atau Tidak?

Selengkapnya