Bagikan ke

26 May 2022

Pererat Tali Persaudaraan, Berikut 3 Tradisi Unik Saat Lebaran di Indonesia

Berita Perusahaan | Trivia

Hari raya lebaran seringkali menjadi momen seru untuk berkumpul dengan teman dan juga keluarga. Tentu tidak lengkap rasanya jika harus merayakan lebaran tanpa berkumpul dan melakukan kegiatan bersama. Identik dengan kebersamaan, beberapa tradisi yang sudah melekat pada masyarakat Indonesia saat lebaran tentu akan menjadi momen yang unik dan tidak terlupakan. Mengingat mudik sudah diperbolehkan, tentu Anda dapat menggunakan momen spesial ini untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota keluarga.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Ide Bisnis Makanan di Bulan Puasa Ini Bikin Cuan Makin Meningkat!

 

  1. Silaturahmi

Momen mudik tahun ini tentu bisa dijadikan momen untuk melakukan silaturahmi ke berbagai sanak saudara. Uniknya, momen “salam tempel” seringkali menjadi kegiatan yang seru dan tidak bisa dilupakan. Momen ini merupakan kegiatan dimana anggota keluarga yang lebih dewasa berbagi rezeki mereka ke anggota keluarga mereka yang lebih muda dengan menyelipkan amplop berisikan uang saat sedang berjabat tangan mengucapkan selamat hari raya lebaran.

  1. Masak Hidangan Lebaran

Lebaran seringkali menjadi momen untuk melakukan kegiatan memasak bersama. Tentu tidak lengkap rasanya berkumpul tanpa adanya hidangan lebaran, menyiapkan berbagai macam jajanan lebaran, dan juga aneka kue kering lebaran secara bersama-sama dapat menjadi kegiatan seru yang tidak terlupakan. Berbeda dari hari-hari biasa, hidangan lebaran biasanya menyajikan ketupat dan juga opor sebagai makanan istimewa keluarga. Ternyata, menurut tradisi tanah jawa, ketupat dan opor menjadi sajian khas lebaran kerana memiliki filosofi tersendiri loh, yaitu sebagai momen pengingat manusia akan kelemahan dan juga kekurangannya.

  1. Takbir Keliling

Takbir keliling merupakan kegiatan yang biasanya selalu dilakukan pada saat malam menjelang hari raya lebaran tiba. Uniknya, takbir keliling ini ada di berbagai daerah di Indonesia dan dilakukan secara berkelompok. Biasanya dalam satu lingkup RT, RW, atau lingkungan dan desa. Tentu momen takbir keliling ini dapat dimanfaatkan untuk mempererat tali persaudaraan antar tetangga, sehingga momen lebaran tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antar keluarga saja melainkan dapat membangun tali persaudaraan salam satu lingkungan tempat tinggal.

Baca juga: Generasi Muda Berbisnis, Berikut Jenis Usaha yang Patut untuk Dicoba

 

Itulah 3 tradisi unik saat lebaran yang melekat erat di masyarakat Indonesia. Tentu masih ada tradisi unik lainnya, mengingat Indonesia memiliki budaya yang kaya dan beragam. Berbeda daerah tentu berbeda tradisi, namun satu tujuan yaitu mempererat tali persaudaraan.

Selamat menyambut hari raya lebaran! Semoga perjalanan mudik berjalan lancar dan sampai di tempat tujuan dengan selamat. Jangan lupa memberikan perlindungan terbaik untuk kendaraan Anda dengan Raksa Autocare Insurance agar perjalanan mudik dapat terasa lebih aman dan menyenangkan.

Raksaonline.com Anytime Anywhere With Our Smile.