Bagikan ke

26 May 2022

Penting Perhatikan Stamina, Berikut Tips Perjalanan Jauh dengan Mobil

Berita Perusahaan | Otomotif

Berkendara jarak jauh dengan mobil pribadi untuk mudik lebaran atau sekedar berlibur bersama keluarga sering kali dilakukan untuk menghindari kerumunan dan juga menghemat biaya transportasi. Meski Anda dan keluarga harus siap menghadapi kemacetan, terkadang berkendara jarak jauh dengan mobil pribadi dapat menjadi pilihan yang tepat dan juga menyenangkan loh. Tapi, jangan lupa untuk menyiapkan rencana perjalanan yang matang terlebih dahulu ya, agar berkendara jarak jauh dengan mobil dapat terasa lebih aman dan nyaman, dan terhindar dari segala gangguan. Tidak perlu persiapan berlebih, cukup perhatikan stamina dan jaga kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil, agar Anda dan keluarga dapat sampai ke tujuan dengan sehat dan selamat.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Servis Mobil Dilakukan?

 

  1. Persiapkan Ketahanan Fisik yang Baik

Berkendara jarak jauh membutuhkan kondisi ketahanan fisik yang sehat. Tentu Anda tidak dapat berkendara jarak jauh dengan kondisi tubuh yang tidak stabil atau sakit. Ketahanan fisik ini dapat Anda bangun melalui kebiasaan hidup yang baik dengan memperhatikan kualitas tidur dan juga berolahraga. Coba perhatikan hal-hal detail seperti sakit pinggang, leher pegal, atau sakit kepala. Ada baiknya untuk mengatur jarak antara setir dan kursi kemudi terlebih dahulu agar fisik Anda benar-benar nyaman saat sedang di perjalanan. Sebagai solusi Anda juga dapat melengkapi kursi kemudi Anda dengan bantal, agar Anda tidak mengalami pegal di leher saat berkendara dalam waktu yang panjang.

  1. Mengontrol Emosi dan Mood

Tips berkendara jarak jauh selanjutnya adalah mengontrol emosi dan mood. Kondisi lalu lintas yang tidak bisa ditebak terkadang memang bikin pusing tujuh keliling. Belum lagi kondisi jalanan yang panas dan padat dapat menyebabkan jalanan menjadi macet dan mengubah mood menjadi buruk. Tentu kesabaran Anda akan diuji oleh sesama pengendara lainnya, mengingat bahwa semuanya ingin sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat. Dalam hal ini Anda harus bisa mengontrol emosi dan juga mood agar berkendara jarak jauh yang Anda dan keluarga lakukan dapat terasa lebih aman dan menyenangkan. Belilah makanan dan juga minuman ringan yang menyegarkan agar perjalanan jauh dapat terasa lebih singkat. Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga yang ada di dalam mobil untuk bersenda gurau atau bernyanyi bersama. Selain dapat mempererat komunikasi antar sesama anggota keluarga, hal ini juga dapat membuat Anda berkendara dengan lebih tenang dan rileks.

  1. Tidur yang Cukup

Perjalanan jauh dengan mobil seringkali dapat menimbulkan rasa kantuk yang membahayakan. Tentu Anda sering mendengar berita kecelakaan yang diakibatkan karena pengemudi mengalami kantuk berat. Selain dapat memberikan kerugian kepada diri sendiri, rasa kantuk yang menghantui juga dapat memberikan kerugian fatal kepada pengendara lainnya karena dapat menimbulkan kecelakaan yang meregang nyawa. Jadi, penting untuk Anda memiliki waktu tidur yang cukup sebelum berkendara jarak jauh dengan mobil. Terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh di malam hari. Pastikan bahwa fisik Anda benar-benar sehat dan sudah memiliki waktu istirahat yang cukup. Menyetel lagu beat dapat menjadi solusi meningkatkan suasana perjalanan menjadi lebih ceria dan semangat, selain itu jangan lupa untuk selalu menyediakan air putih agar asupan tubuh Anda dapat tetap terjaga.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Tips berkendara jarak jauh selanjutnya adalah memperhatikan asupan makanan. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat dan gas yang tinggi agar Anda dapat terhindar dari rasa kantuk berlebih. Konsumsilah makanan berserat seperti buah dan sayur untuk memastikan energi dan stamina Anda tetap terjaga. Ingatlah untuk mengonsumsi air putih yang cukup dan hindari minuman beralkohol agar Anda dapat sampai ke tempat tujuan dengan aman dan selamat.

  1. Beristirahat Setiap 4 Jam Sekali

Berkendara jarak jauh tentu membutuhkan fokus dan juga fisik yang kuat. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan kesehatan fisiknya sehingga rawan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Penting untuk Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh melakukan istirahat setiap 4 jam sekali saat berkendara. Hal tersebut sudah diatur oleh Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Gunakan waktu untuk meregangkan kaki dan tangan, makan dan minum atau bahkan tidur sejenak untuk mengistirahatkan mata. Menepilah di tempat-tempat yang sudah disediakan. Jika Anda berkendara di jalan tol, carilah tempat peristirahatan untuk sekedar ke kamar mandi atau menghirup udara segar. Hal tersebut penting dilakukan guna menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap fokus dalam berkendara mobil jarak jauh.

Baca juga: Penting Gunakan Sabuk Pengaman Bagi Penumpang dan Pengemudi, Yuk Simak Jenis dan Manfaatnya!

 

Itulah tips berkendara mobil jarak jauh yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan mudik Anda terasa lebih aman dan menyenangkan. Jika Anda sudah membuat perencanaan yang matang dan yakin bahwa kondisi tubuh Anda dalam kondisi yang sehat, jangan lupa untuk mengecek performa mobil Anda. Pastikan segala macam hal yang diperlukan seperti performa mesin, ban, oli, dan aki telah siap dan dalam kondisi yang baik. Jika belum, penting untuk melakukan servis kendaraan Anda terlebih dahulu agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat. 

 

Jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan Anda dengan asuransi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal. Asuransi Raksa memberikan kemudahan bagi Anda dengan produk Raksa Autocare Insurance. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi kendaraan melalui www.raksaonline.com, Anda dapat melakukan perhitungan simulasi asuransi mobil di website kami sehingga Anda dapat mengetahui premi asuransi mobil Anda secara langsung. Berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24, layanan derek, serta REQS juga dapat Anda akses dimanapun Anda berada. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

 

Artikel Terkait