Bagikan ke

16 November 2022

Penting! 8 Cara Cegah Kebocoran Rumah

Berita Perusahaan | Rumah

Kebocoran rumah saat terjadi musim hujan seringkali meresahkan Anda, bukan? Jika Anda tidak ingin mengalami kebocoran pada atap rumah sebaiknya Anda segera mempersiapkannya sebelum kebocoran terjadi, agar nantinya dapat melewati musim hujan dengan aman dan tentram. Salah satu yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan kondisi rumah. Pastikan tidak ada lobang atau rembesan air hujan di atap rumah, karena keduanya memiliki potensi besar untuk merusak rumah dalam jangka waktu yang panjang. Rangka kayu akan mulai mengalami pelapukan dan cat dinding akan terkelupas apabila terkena rembesan air terus-menerus.

Nah, tentu Anda tidak ingin mengalami hal serupa seperti di atas kan? Anda dapat menyimak beberapa tips di bawah ini untuk membuat Anda terhindar dari kebocoran rumah. 

Baca Juga: https://www.raksaonline.com/artikel/berita-perusahaan/berikut-keunggulan-desain-rumah-minimalis-modern-bikin-rumah-kecil-dan 

 

1. Memperhatikan Desain Rumah

Cara utama untuk menghindari kebocoran rumah adalah dengan memperhatikan desain rumah. Sebelum Anda membangun rumah impian penting untuk mencari tahu bagaimana desain rumah yang aman dan nyaman. 

Apabila Anda ingin menggunakan atap beton pada rumah, maka Anda harus membuat atap beton dengan kemiringan 30-35 derajat agar air tidak dapat turun dengan mudah. Namun, jika Anda ingin menggunakan atap asbes, disarankan kemiringan 15-25 derajat.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan material yang digunakan untuk atap rumah anda. Material yang bagus akan membuat rumah Anda aman dari kebocoran. Material yang sering digunakan pada bentuk miring adalah genteng, genteng juga memiliki beragam jenis. Pastikan genteng yang Anda gunakan sesuai dengan desain rumah Anda.

2. Mengganti Atap yang Rusak

Atap merupakan penutup rumah yang berfungsi untuk melindungi isi rumah dari air hujan. Maka dari itu, sebelum musim hujan kembali datang, penting untuk Anda memeriksa adanya atap yang rusak atau pecah agar tidak terjadi kondisi terburuk. Karena kita tidak pernah tau kapan hujan ataupun badai akan datang. Atap yang tidak merekat dengan kuat akan mudah terbawa angin dan merusak rumah. 

Jika Anda tidak memiliki budget lebih untuk mengganti atap yang baru, Anda dapat mendempul atap sebagai alternatif lainnya dalam mengatasi kebocoran atap. Namun perlu Anda ketahui bahwa atap hanya bersifat sementara dan dapat terkikis sedikit demi sedikit oleh air hujan. Dempulan yang terkikis air akan menimbulkan pori-pori halus sehingga air hujan akan masuk. 

Selain itu penting untuk Anda memasang lidah atap sebagai tambahan. Fungsi lidah atap adalah menghindari percikan air hujan yang masuk melalui teras rumah. Agar lidah atap dapat berfungsi maksimal, Anda harus memasang lidah atap dengan kemiringan 30 derajat dan menyesuaikan dengan teras masing-masing. 

3. Memasang Kanopi Tambahan di Jendela

Kanopi jendela adalah sebuah elemen yang berfungsi untuk mempercantik rumah. Kanopi merupakan atap mungil yang terletak di jendela dan memiliki peran sebagai penghalau sinar matahari yang langsung menyorot langsung ke jendela. Selain itu, kanopi jendela ini dapat Anda gunakan untuk menghalangi terpaan tampias air hujan yang memiliki intensitas yang besar. Jadi, pemasangan kanopi adalah jawaban yang tepat untuk Anda menghindari kebocoran sekaligus mempercantik rumah. 

4. Memperhatikan Plafon Rumah  

Untuk menghindari kebocoran, Anda juga harus memeriksa bagian dalam rumah, yaitu plafon rumah. Plafon rumah tidak kalah penting dengan atap rumah yang berfungsi sebagai lapisan kedua untuk menampik air hujan ketika atap mengalami kebocoran. Apabila plafon Anda mengalami kerusakan atau lapuk hendaknya Anda segera mengganti plafon dengan yang baru, karena rembesan air hujan akan cepat membuat plafon menjadi berlubang. 

5. Membersihkan Aliran Selokan

Kebersihan adalah kunci utama memiliki rumah nyaman dan sehat, salah satunya kebersihan selokan. Dengan membersihkan selokan aliran air akan mengalir dengan baik sehingga tidak terjadinya sumbatan pada selokan. Apabila terdapat sampah-sampah di dalam selokan akan menyebabkan banjir di saluran air. Tidak hanya itu saja, selokan yang kotor akan menimbulkan jentik nyamuk. Maka dari itu, mulai dari sekarang Anda harus menjaga kebersihan selokan. 

6. Menggunakan Pelapis Atap dan Dinding Waterproofing

Untuk menghindari kebocoran pada atap dan dinding, sebaiknya Anda menggunakan cairan waterproofing. Sebelum Anda mengaplikasikan cairan waterproofing, pastikan cuaca sedang tidak hujan. Karena cairan waterproofing tidak dapat merekat dengan sempurna apabila terkena cipratan air hujan. Memilih cairan waterproofing juga tidak kalah penting, pilihlah waterproofing yang memiliki tingkat resistance yang baik dan dapat digunakan ke seluruh permukaan rumah seperti atap beton, dinding, ground water tank, dan lain-lain.  

7. Menggunakan Lapisan Plastik pada Atap

Cara berikutnya untuk mencegah kebocoran pada rumah adalah menggunakan lapisan plastik tebal di bawah atap. Ketika hujan angin, air hujan akan masuk ke celah-celah atap dengan mudah. Dengan adanya lapisan plastik akan membantu menutup celah-celah kecil pada atap sehingga percikan air tidak akan masuk ke dalam. Namun, metode ini sama dengan dempulan yang hanya bersifat sementara. Karena sejalannya waktu plastik akan robek dan tidak mampu menahan air curahan hujan dari atap. 

8. Memeriksa Talang Air

Setelah mengecek atap, plafon, dan selokan ada satu hal yang tidak kalah penting yaitu talang air. Talang air memiliki fungsi sebagai tempat mengalirnya air dari atap rumah Anda ke pembuangan air. Banyaknya permasalahan pada talang air membuat aliran air akan tersumbat seperti terjadinya kemiringan yang salah, pecah, atau ukuran yang tidak sesuai sehingga mengganggu penampungan debit air pada saat hujan. Penting bagi Anda untuk membersihkan talang air dan pastikan air mengalir dengan sempurna. Khususnya, jika rumah Anda memiliki banyak pepohonan, talang air harus dibersihkan dua minggu sekali. 

Baca juga: https://www.raksaonline.com/artikel/berita-perusahaan/tetap-tinggal-di-rumah-lebih-mudah-lebih-aman 

 

Itulah beberapa cara untuk mencegah kebocoran rumah yang dapat Anda lakukan. Sebelum musim hujan melanda, sebaiknya Anda segera mempersiapkan rumah agar aman dan nyaman. Selain itu, penting untuk menjauhkan furnitur yang berbahan kayu ataupun kain dari jendela agar tidak terkena percikan air. Selain mencegah kebocoran, penting untuk Anda mencegah risiko dan kerugian lainnya dengan menggunakan asuransi rumah. Meskipun risiko dan kerugian belum tentu menimpa, dengan bantuan perlindungan asuransi maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam melindungi dan menyayangi keluarga Anda. 

Asuransi rumah akan membantu Anda untuk menghadapi peristiwa yang tidak terduga. Sehingga apabila peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan rumah. Asuransi Raksa memiliki produk yang bisa memberikan jaminan perlindungan terbaik untuk rumah tinggal Anda yaitu Produk Raksa Estatecare Insurance. Asuransi Raksa Estate Care akan membantu Anda dalam menemukan asuransi rumah terbaik untuk perlindungan rumah tinggal Anda. Tidak perlu bingung dengan pembelian asuransi, karena Asuransi Raksa telah menyediakan aplikasi Raksa Online dan kemudahan lain melalui www.raksaonline.com.

Selain Raksa Estate Care, Asuransi Raksa Pratikara juga memiliki berbagai pilihan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda untuk perlindungan aset berharga. Informasi produk dapat Anda lihat di website kami. Hubungi via telepon 021-7226865 atau Whatsapp 0857 76 600 600 dan tim terkait kami akan segera menghubungi. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

 

Artikel Terkait

Tetap Tinggal di Rumah, Lebih Mudah, Lebih Aman

Selengkapnya