Bagikan ke

16 November 2022

Nyaman dan Sehat, Berikut Tips Mendinginkan Rumah Tanpa AC

Berita Perusahaan | Rumah

Penggunaan AC dalam rumah sering kali menjadi solusi untuk membuat setiap ruangan terasa lebih dingin. Udara yang sejuk akan membuat Anda sebagai penghuni menjadi lebih aman dan nyaman, terlebih jika lingkungan perkotaan tempat Anda bekerja dan beraktivitas dipenuhi dengan udara yang kotor dan panas. Tentu rumah dengan udara yang dingin akan selalu menjadi tempat beristirahat yang tepat. Sayangnya, penggunaan AC umumnya dapat memberikan dampak buruk tidak hanya bagi lingkungan, namun juga bagi kesehatan fisik dan kantong Anda. Oleh sebab itu, menjaga ruangan agar tetap sejuk meski tanpa bantuan AC merupakan langkah terbaik bagi Anda yang ingin melakukan penghematan listrik tanpa AC di rumah. Untuk melakukan penghematan listrik tanpa AC di rumah, Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: Harus Tahu, Berikut Ciri Rumah Impian untuk Anda dan Keluarga

 

Matikan Barang Elektronik yang Tidak Terpakai 

Mematikan barang elektronik yang tidak terpakai dan mencabut kabel dari stop kontak merupakan salah satu cara untuk mendinginkan rumah tanpa AC. Selain membantu Anda untuk terhindar dari risiko tagihan listrik yang meningkat, barang-barang elektronik seperti tv, radio, hingga charger handphone dan komputer yang tidak dimatikan dalam jangka waktu yang lama akan mengeluarkan energi panas yang dapat memengaruhi benda-benda lain untuk ikut memancarkan udara panas. Alhasil, suhu ruangan pun menjadi meningkat dan membuat Anda menjadi tidak nyaman untuk melakukan aktivitas di dalam ruangan. 

Hindari Penggunaan Barang Bermaterial Sintetis

Tips mendinginkan rumah tanpa AC selanjutnya adalah mengurangi penggunaan barang-barang bermaterial sintetis, seperti barang-barang yang terbuat dari karet dan plastik. Hal ini dikarenakan sifat material sintetis yang peka terhadap panas akan berpotensi meningkatkan suhu ruangan ketika berada di dalam ruangan yang panas. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan barang-barang berbahan katun atau linen agar suhu ruangan bisa menjadi lebih stabil dan tidak lembab. 

Tutupi Atap Rumah dengan Aluminium Foil

Ingin mendinginkan rumah tanpa AC dengan cara yang lebih menarik, Anda dapat melakukannya sendiri dengan menutupi atap rumah menggunakan aluminium foil. Menutupi atap rumah menggunakan alumunium foil dapat memantulkan kembali panas yang dihasilkan oleh matahari, sehingga keadaan suhu di dalam ruangan dapat tetap terjaga. 

Sediakan Lahan untuk Berkebun

pohon-yang-sejuk

Cara mendinginkan rumah tanpa AC selanjutnya adalah dengan menyediakan lahan untuk berkebun. Jika Anda memiliki hobi dan menyukai tanaman, Anda dapat menyediakan kebun di dalam dan juga di luar rumah Anda. Tanaman hijau yang tumbuh subur di pekarangan rumah akan membantu untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk alami. Beberapa tanaman hias seperti pakis, palem, lidah buaya, dan tanaman karet yang dapat ditaruh di dalam ruangan dapat meningkatkan kadar oksigen sehingga sirkulasi udara di sekitar ruangan dapat menjadi lebih segar.

Gunakan Kipas Angin Sebagai Pengganti AC

Menggunakan kipas angin dapat menjadi alternatif untuk mendinginkan rumah tanpa AC. Selain lebih hemat dan sehat, kipas angin juga dapat memberikan aliran udara yang tidak kalah sejuk dengan AC. Cara kreatif yang dapat Anda lakukan yaitu dengan meletakkan es batu di depan kipas angin sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi lebih dingin. Namun, ingatlah untuk menggunakan kipas angin dengan bijak dengan tidak mengarahkan kipas angin langsung ke badan Anda agar tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. 

Sudah tahu cara mendinginkan rumah tanpa AC, tentu akan ada berbagai macam keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berhasil menerapkannya dalam kehidupan Anda sehari-hari. Berbagai macam keuntungan tersebut antara lain: 

  • Tagihan Listrik Berkurang

Minimnya penggunaan AC dapat meminimalisir tagihan listrik yang akan Anda keluarkan. Alhasil, Anda dapat menggunakan sisa budget yang Anda miliki untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan lainnya, seperti memberikan perlindungan untuk rumah Anda. Menabung atau mengalokasikan budget untuk memberikan perlindungan istimewa bagi tempat tinggal Anda adalah salah satu contoh yang bisa Anda lakukan. Tentu rumah yang sehat dan terlindungi tidak hanya akan memberikan kenyamanan, melainkan rasa aman tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk seluruh anggota keluarga yang Anda cintai. 

  • Mengurangi Penyebab Masalah pada Kulit

Jika anda terbiasa menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan dalam jangka waktu yang lama, waspadalah karena penggunaan AC yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering yang dapat memicu rasa gatal pada kulit. Penggunaan AC dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat penuaan pada kulit. Kulit yang kering tidak hanya berlaku pada wajah namun dapat berlaku juga pada kulit kepala. Kulit kepala akan menjadi kering dan memicu rasa gatal sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Meningkatkan Kualitas Udara di Luar dan di Dalam Ruangan

Kualitas udara dengan kadar oksigen yang tinggi dari tanaman tentu akan berdampak baik bagi tubuh. Tidak hanya saat berada di dalam ruangan, suasana sejuk dan udara yang segar dapat Anda rasakan saat berada di halaman atau teras rumah Anda. Berbeda jika Anda menggunakan AC, yang hanya akan memberikan kesejukan saat berada di dalam ruangan. 

  • Mengurangi Efek Rumah Kaca

Pemanasan global yang disebabkan oleh efek rumah kaca sudah menjadi hal yang cukup berbahaya dan patut untuk diperhitungkan. Dampak dari penggunaan AC dapat menyebabkan lapisan ozon di udara kian menipis sehingga membuat suhu di luar ruangan menjadi panas, hal itu akan menjadi darurat jika terus dibiarkan. Pastikan Anda mengurangi pemakaian AC dalam jangka waktu panjang untuk menjaga suhu di luar ruangan agar tetap stabil.

Baca juga: 3 Fungsi Halaman Rumah yang Harus Anda Tahu

 

Itulah beberapa tips dan manfaat mendinginkan rumah tanpa AC yang bisa Anda lakukan. Walaupun tidak mudah, menjadi bijak dalam mengambil keputusan merupakan kunci utama bagi Anda yang ingin lingkungan disekitar Anda menjadi sejuk tanpa menggunakan AC. 

Sudah mantap menentukan pilihan, jangan lewatkan untuk melindungi rumah Anda dengan produk Raksa Estatecare Insurance. Meskipun risiko dan kerugian belum tentu menimpa, dengan bantuan perlindungan asuransi rumah maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam melindungi dan menyayangi keluarga Anda. Asuransi rumah membantu Anda menghadapi berbagai peristiwa dan musibah tidak terduga. Apabila Anda ragu akan biaya asuransi rumah tinggal, Anda dapat mengunjungi website kami di www.raksaonline.com untuk melakukan simulasi perhitungan premi asuransi rumah Anda secara mandiri dan kemudian tim marketing kami akan segera menghubungi Anda. Asuransi Raksa EstateCare akan membantu Anda dalam menemukan asuransi rumah terbaik untuk perlindungan rumah tinggal Anda. Info lebih lanjut, hubungi tim marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Asuransi Raksa memiliki berbagai macam pilihan produk untuk perlindungan aset berharga. Informasi produk dapat Anda lihat di website kami. Hubungi via telepon 021-7226865 atau Whatsapp 0857 76600 600 dan tim terkait kami akan segera menghubungi. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Artikel Terkait