Bagikan ke

16 November 2022

Mengatur Keuangan: Keinginan atau Kebutuhan?

Berita Perusahaan | Bisnis

Atur keuangan untuk kebutuhan dan keinginan

Sebagai kaum muda, terkadang masih sulit untuk mengelola keuangan. Seringkali terjadi lebih besar pasak daripada tiang di setiap bulannya. Misalnya, Anda berpenghasilan 10 juta per bulan, tetapi pengeluaran malah 13 juta per bulan. Kesulitan biasanya lebih sering terjadi pada kaum perempuan, karena sering menghibur diri dengan berbelanja. Selain itu, kaum perempuan biasanya suka berdandan sehingga harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk membeli make up dan perawatan lainnya. Agar Anda dapat dengan mudah mengatur keuangan, Anda harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan semata. Sangat penting bagi kaum muda untuk memetakan skala prioritas kebutuhan, karena kebiasaan dari muda akan terus-menerus terbawa sampai dewasa dan tua nanti. Jika dari kecil sudah terbiasa dengan sikap yang terlalu konsumtif, maka akan berdampak kepada pengelolaan keuangan keluarga nantinya. Untuk menghindari hal ini, let’s back to basic. Maksudnya adalah menentukan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah apa yang menghidupi kita, kebutuhan sekunder adalah apa yang membuat hidup kita lebih baik, sedangkan kebutuhan tersier adalah sesuatu yang membawa kenyamanan dan kemewahan di hidup kita. Berikut ini merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar keuangan Anda dapat bertahan hingga akhir bulan:

 

  • Membuat Budgeting Keinginan dan Kebutuhan

Setelah Anda mengetahui mana yang merupakan kebutuhan primer, sekunder dan tersier dalam kehidupan Anda, langkah selanjutnya adalah membuat budgeting pengeluaran antara kebutuhan dan keinginan. Sudah menjadi hal yang lumrah ketika punya penghasilan sendiri, kita cenderung mengonsumsi lebih banyak hal untuk memberikan kepuasan emosional. Sebenarnya sah-sah saja untuk mengonsumsi berdasarkan keinginan, namun terkadang kita tidak sadar bahwa pengeluaran yang kita lakukan melampaui kemampuan diri dan hal ini lah yang bahaya bagi kesehatan keuangan.

Untuk menyiasatinya, Anda perlu membuat budgeting pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan Anda. Pisahkan dana dan jangan ragu untuk menentukan batasan agar kondisi keuangan Anda dapat tetap berjalan dengan baik hingga akhir bulan.

 

  • Menghitung Jumlah Tagihan Prioritas Setiap Bulan

Biasakan diri Anda untuk melakukan pengelompokkan anggaran atau membuat catatan prioritas pengeluaran pasti di setiap awal bulan. Pengeluaran pasti seperti tagihan membayar biaya cicilan rumah, listrik, dan juga transportasi. Setelah mengetahui jumlah pengeluaran pasti tersebut, Anda akan mengetahui jumlah anggaran yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan lainnya, seperti menabung, jalan-jalan, ataupun berfoya-foya untuk memenuhi keinginan Anda.

Jadi jangan habiskan uang Anda di awal dan melupakan kewajiban Anda dalam membayar tagihan ya, biasakanlah untuk selalu disiplin dan taat terhadap aturan yang sudah Anda buat sendiri.

 

  • Rencanakan Pengeluaran

Sudah selesai dengan hitungan tagihan prioritas setiap bulannya, langkah selanjutnya adalah merencanakan pengeluaran Anda dari sisa uang tersebut. Anda juga bisa melakukan pengelompokan pengeluaran dalam hal ini ya, seperti Anda hanya boleh jalan-jalan satu kali seminggu dengan total pengeluaran Rp200.000, demikian pula untuk belanja harian atau mingguan, sesuaikan dengan pendapatan Anda setiap bulannya. Tujuan dari perencanaan ini adalah agar Anda tahu jumlah pengeluaran Anda. Jangan sampai Anda tidak memiliki tabungan sama sekali, biasakanlah untuk selalu menabung agar Anda bisa lebih siap di masa yang akan datang.

 

  • Jangan Lupakan Dana Darurat

Ingat, dana darurat dengan uang tabungan itu berbeda ya. Dana darurat dapat Anda gunakan jika suatu saat nanti hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda, seperti jatuh sakit, kecelakaan, atau hal-hal lainnya. Jika Anda memisahkan Dana darurat dengan uang tabungan, Anda tidak akan kesulitan karena Anda sudah memiliki dana lebih untuk bisa menghadapi hal tersebut. Jangan lupa, sisihkan juga untuk dana perlindungan aset dan kendaraan Anda ya, sehingga Anda bisa menjadi lebih tenang dan nyaman dalam melakukan segala aktivitas.

 

Demikianlah beberapa trik sederhana yang bisa Anda praktikkan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dan bertahan hingga akhir bulan. RaksaOnline.com menawarkan kemudahan dalam berasuransi mobil. Anda dapat menghitung besaran premi Anda pada fitur simulasi premi kami. Dapatkan berbagai penawaran menarik dengan fasilitas dan layanan yang profesional. Info lebih lanjut, hubungi via telepon 021-7226865 atau Whatsapp 0857 76600 600.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Artikel Terkait

Tetap Tinggal di Rumah, Lebih Mudah, Lebih Aman

Selengkapnya