Bagikan ke

16 November 2022

Menakjubkan! Berikut 7 Alat Berat Terbesar di Dunia dan Fungsinya

Berita Perusahaan | Trivia

Alat berat umumnya digunakan untuk membantu pekerjaan konstruksi maupun pekerjaan dalam bidang pertambangan agar pekerjaan tersebut dapat menjadi lebih ringan. Alat berat secara khusus dirancang agar dapat menampung daya beban yang tidak dapat dilakukan secara manual oleh manusia. Alat berat menjadi unsur penting dan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan konstruksi dan perusahaan pertambangan. Menariknya, dengan semakin berkembangnya teknologi yang semakin pesat, inovasi terus dilakukan oleh setiap lini industri alat berat dengan menciptakan berbagai macam alat berat yang berbeda dari biasanya. Hal tersebut dilakukan, guna menjawab kebutuhan pasar dalam bidang konstruksi maupun pertambangan yang semakin tinggi. Lantas inovasi apa saja yang sudah dilakukan? Berikut merupakan 7 alat berat terbesar di dunia dan fungsinya.

Baca juga: Apa Itu Alat Berat Pertambangan? Yuk Kenali Jenis dan Fungsinya

 

1. Alat Berat Takraf RB293

Alat Berat Takraf RB293
Sumber gambar: www.takraf.com

Takraf RB293 merupakan salah satu mesin tambang terbesar di dunia yang memiliki fungsi untuk melakukan penggalian bahan tambang. Diciptakan langsung di Jerman, Takraf RB293 ini memiliki tinggi hingga 94,5m dengan panjang 220m. Menariknya, mesin tambang ini membutuhkan setidaknya 5 orang teknisi untuk dapat melakukan pekerjaan penambangan.

2. Alat Berat Liebherr 996 Hydraulic Shovel

Alat Berat Liebherr 996 Hydraulic Shovel
Sumber gambar: www.equipmentindonesia.com

Liebherr 996 Hydraulic Shovel merupakan salah satu alat berat hidrolik excavator terbesar di dunia yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di pertambangan terbuka. Sesuai fungsi pada umumnya, Liebherr 996 Hydraulic Shovel ini dapat diandalkan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan berat. Liebherr 996 Hydraulic Shovel ini memiliki bobot hingga 665 ton dan memiliki kapasitas bucket sedalam 32m3 sampai 34m3.

3. Alat Berat 1850B Bucyrus-Erie (Big Brutus)

Alat Berat 1850B Bucyrus-Erie (Big Brutus)
Sumber gambar: www.ccmodels.com

Unit ini memiliki peran penting di lokasi pertambangan, alat berat 1850B Bucyrus-Erie ini berfungsi dalam memindahkan bahan pertambangan. Meski kini alat berat 1850B Bucyrus-Erie ini sudah dimuseumkan, namun 1850B Bucyrus-Erie tetap dikenal di industri tambang sebagai salah satu alat berat yang memiliki skop listrik terbesar di dunia dengan panjang hingga 49m dan berat 11 pons.

4. Alat Berat Terex 33-19 Titan

Alat Berat Terex 33-19 Titan
Sumber gambar: www.hemmings.com

Berbeda dengan ukuran truk biasanya, Terex 33-19 Titan merupakan alat berat yang memiliki fungsi untuk mengangkut hasil bahan tambang dengan kapasitas muatan bisa mencapai hingga 318.000kg. Alat berat yang memiliki panjang 20,35m; lebar 7,80m; dan tinggi 6,8m; ini dioperasionalkan selama hampir 25 tahun dan merupakan satu-satunya unit yang tersedia. Saat ini Terex 33-19 sudah dimuseumkan dan tidak pernah diproduksi lagi karena faktor ekonomi industri.

5. Alat Berat Caterpillar 797F

Alat Berat Caterpillar 797F
Sumber gambar: www.trakindo.co.id

Memiliki bentuk seperti rumah, Caterpillar 797F ini memiliki fungsi yang sama dengan terex 33-19 yaitu untuk mengangkut hasil bahan tambang seperti batu bara, emas, nikel, dan biji besi dengan kapasitas muatan yang besar. Unit ini tidak perlu diragukan lagi, kapasitas daya angkutnya mencapai hingga 400 ton. Caterpillar 797F memiliki panjang 14,5 meter; lebar 9,7 meter; tinggi 6,5 meter; dan tinggi roda 4 meter. Dikhususkan untuk aktivitas penambangan produksi tinggi, Caterpillar 797F ini memiliki berat roda hingga 15000 kg sehingga sering juga digunakan untuk kebutuhan konstruksi berat.

6. Alat Berat Komatsu D575A Super Bulldozer

Alat Berat Komatsu D575A Super Bulldozer
Sumber gambar: www.komatsu.eu

Komatsu D575A Super Bulldozer merupakan bulldozer terbesar di dunia yang banyak digunakan di lokasi pertambangan. Memiliki tinggi mencapai 4,88m dan panjang 11,72m, Komatsu D575A Super Bulldozer digunakan untuk mendorong material seperti batu bara atau tanah dalam pekerjaan konstruksi dan pertambangan dengan skala yang besar.

7. Alat Berat Kapten Marion 6360

Alat Berat Kapten Marion 6360
Sumber gambar: wwwccmodels.com

Dijuluki dengan nama Kapten Marion 6360, alat berat excavator raksasa ini memiliki fungsi untuk mengangkut bahan material dengan kapasitas muatan bucket hingga 300 ton. Menariknya, pada saat pembuatannya di tahun 1965, alat berat darat ini membutuhkan waktu pemasangan hingga 10 bulan. 

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Membersihkan Alat Berat

 

Menarik untuk diketahui, tentu masih banyak alat berat terbesar di dunia sesuai dengan jenis dan penggunaannya. Proyek dapat berjalan lancar ketika alat berat dapat bekerja efisien sesuai dengan fungsi dan okupasinya. Memperhatikan lingkungan proyek, kesehatan alat berat dan pemberian proteksi juga menjadi hal penting, agar proyek dapat berjalan lancar dan tidak memberikan kerugian. Raksa Heavy Equipment Insurance dapat menjadi pilihan terbaik untuk proteksi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Raksa Heavy Equipment Insurance atau produk asuransi lainnya dapat menghubungi marketing kami di (021) 3859007 atau mengirim email ke marketing11@araksa.com.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Artikel Terkait

Liburan Low Budget di Masa Pandemi? Jangan Lupakan 3 Hal Ini!

Selengkapnya