Bagikan ke

25 May 2022

Jangan Kebut-Kebutan! Yuk Ketahui Aturan Berkendara di Jalan Tol

Berita Perusahaan | Otomotif

Aturan berkendara di jalan tol tentu harus dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan tol. Tidak hanya untuk menghindari terjadinya kecelakaan, peraturan tersebut juga berguna untuk menjaga para pengendara agar tetap fokus selama berada di perjalanan. Sayangnya, meskipun sudah ada aturan yang jelas mengenai batas aturan berkendara di jalan tol, kenyataannya masih banyak pengendara yang abai akan peraturan tersebut karena jalan tol dianggap sebagai jalan bebas hambatan yang bisa dimanfaatkan untuk berkendara dengan kebut-kebutan. Padahal terdapat beberapa batas kecepatan di jalan tol yang harus diketahui agar Anda sebagai pengendara dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Ingin Aman Berkendara, Terapkan Prinsip Safety Driving

 

Ketahui Batas Kecepatan di Jalan Tol

Kecepatan berkendara di jalan tol memiliki batas paling rendah 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam untuk jalur perjalanan tol dalam kota. Sedangkan untuk tol luar kota memiliki batas minimal kecepatan 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Batas kecepatan tersebut telah diatur dalam aturan pemerintah no 79 tahun 2013 tentang jaringan Lalu lintas dan Angkutan jalan pasal 23 ayat 4, dan diperkuat oleh peraturan menteri perhubungan tentang Tata Cara Penetapan batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 dan pada pasal 23 ayat 4.

Tertib Berkendara agar Tidak Kena Tilang

Penting untuk Anda ketahui, di tol bisa kena tilang elektronik juga loh! Ingin terhindar dari sanksi tilang elektronik, selain memperhatikan batas kecepatan di jalan tol Anda juga perlu memperhatikan muatan kendaraan Anda. Tilang elektronik ini telah diberlakukan oleh Korlantas Polri per tanggal 1 April 2022. Bagi Anda yang ketahuan melanggar akan dikenakan sanksi denda Rp500.000 atau kurungan penjara paling lama dua bulan.

 

Selain itu, terdapat alat pengukur kecepatan di jalan tol yang dapat membantu Korps Lalu Lintas Polri dalam mengukur kecepatan kendaraan Anda yang sedang melaju dengan cepat dan akurat. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu berkendara di jalan tol dengan hati-hati ya, agar saat terdapat operasi penertiban kendaraan yang digelar oleh Korps Lalu Lintas Polri, Anda dapat terhindar dari tilang dan denda yang telah di berlakukan.

Cek Sistem ETLE 

Penasaran apakah Anda telah melakukan pelanggaran saat sedang berkendara di jalan tol? Berikut cara mengecek tilang elektronik secara online:

  1. Kunjungi laman https://etle-pmj.info/id/check-data 
  2. Isi data yang diperlukan, plat kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka
  3. Pastikan data telah benar dan kemudian klik “cek data”
  4. Jika muncul data maka Anda telah melakukan pelanggaran, sebaliknya jika data tidak muncul atau terdapat tulisan “No Data Available” maka Anda tidak melakukan pelanggaran 

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui saat berkendara di jalan tol. Selain memastikan batas kecepatan dan muatan saat berkendara, jangan lupa pastikan bahwa Anda telah berkendara dengan jarak aman di jalan tol, sehingga dapat terhindar dari kecelakaan dan sanksi yang berlaku. Perhatikanlah setiap rambu-rambu dan jalur tol yang ingin Anda lewati, pastikan kendaraan Anda telah siap dan terbebas dari segala gangguan mesin. 

Baca juga: Mobil Terbakar Dapat Dicover Asuransi, Apa Syaratnya?

 

Jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan Anda dengan asuransi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal. Asuransi Raksa memberikan kemudahan bagi Anda dengan produk Raksa Autocare Insurance. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi kendaraan melalui www.raksaonline.com, Anda dapat melakukan perhitungan simulasi asuransi mobil di website kami sehingga Anda dapat mengetahui premi asuransi mobil Anda secara langsung. Berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24, layanan derek, serta REQS juga dapat Anda akses dimanapun Anda berada. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.