Bagikan ke

26 September 2022

Cuan! Ini 8 Ide Bisnis Jasa Dari Rumah

Berita Perusahaan | Bisnis

Selepas masa pandemi kemarin, membuat sebagian orang terbiasa bekerja dari rumah. Ada banyak pilihan ide bisnis yang dapat dilakukan di rumah oleh pebisnis pemula hingga profesional. Hal ini dikarenakan, berbisnis di rumah tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk membuka lapak. Kemudahan dalam  mengakses internet memberikan kesempatan bagi pebisnis untuk membuka bisnis di rumah baik secara offline maupun online.  

Sebagian orang membuka bisnis di rumah karena minimnya pendapatan. Sehingga mereka mencari penghasilan lain untuk mencukupi kebutuhannya. Saat ini banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan meskipun dari rumah saja. Mulai dari bisnis menjual produk hingga bisnis yang bergerak di bidang jasa. 

Apakah Anda merupakan salah satu sebagian orang yang ingin menambah pendapatan dengan bekerja sampingan dari rumah? Jika iya, penting untuk Anda menyimak beberapa ide bisnis jasa di bawah ini!

Baca Juga : 5 Rahasia Meraih Keuntungan Bisnis
 

1. Jasa Fotografi 

Salah satu bisnis rumahan yang saat ini digemari dan dibutuhkan adalah jasa fotografi dan videografi. Saat ini banyak influencer media sosial membutuhkan jasa ini untuk memproduksi konten mereka. Tentu, ini menjadi peluang yang cukup besar untuk Anda yang mempunyai hobi dan bakat dalam memfoto dan membuat video yang bersifat sinematik. Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan sebagai penunjang seperti kamera, tripod, stabilizer, dan perlengkapan lainnya, dengan begitu Anda dapat membuka bisnis foto dan video secara profesional. Seperti tren-tren baru ini, Anda dapat membuka studio self photo yang tengah digemari oleh para milenial.

Anda tidak perlu risau jika klien yang datang hanya sedikit, karena di samping jasa foto, Anda dapat memanfaatkan peralatan studio dengan cara membuka bisnis rental alat fotografi dan videografi. Terlebih jika Anda mempunyai alat yang lengkap maka anda dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi per harinya dari hasil penyewaan barang-barang tersebut.

2. Jasa Laundry

Peluang usaha rumahan lainnya adalah jasa laundry. Kenapa sih usaha laundry memiliki peluang yang besar? Karena usaha laundry merupakan usaha jasa umum yang akan dibutuhkan oleh orang-orang. Meskipun Anda memiliki mesin cuci di rumah tidak menutup kemungkinan bahwa Anda tidak menggunakan jasa laundry. Ide bisnis jasa ini hanya dengan modal kecil dan tidak mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, Anda hanya perlu menyiapkan biaya operasional dan tenaga. Biaya operasional yang Anda perlu keluarkan, yaitu mesin cuci, setrikaan, deterjen, pewangi, dan biaya listrik perbulan. 

Selain itu, Anda perlu mempromosikan usaha laundry di media sosial agar dapat diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

3. Jasa Membuat Website

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah jasa membuat website. Website dibutuhkan dan digunakan oleh pebisnis online bahkan perusahaan besar. Website dapat membantu untuk memperkenalkan perusahaan dan memudahkan orang-orang mencari info seputar perusahaan atau bisnis tersebut. Namun, beberapa perusahaan dan pebisnis online tidak mengetahui cara membuat dan mengembangkan sebuah website. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan jasa seseorang dalam membuat website. Anda dapat mengisi rekening tabungan dengan modal laptop ataupun PC. Buat Anda yang memiliki skill dalam pembuatan website dapat mencoba bisnis ini. 

4. Jasa Titip

Jasa titip atau yang biasa dikenal dengan jastip adalah sebuah bisnis jasa yang mudah untuk Anda lakukan, terlebih jastip diminati oleh banyak orang khususnya barang-barang branded. Ide bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Beberapa contoh bisnis jastip yang diminati oleh orang-orang yaitu, jastip parfum, jastip skincare, jastip make up, jastip tas, dan jastip pakaian. Untuk membuka jastip ini Anda harus memantau perkembangan tren dengan cara memperhatikan media sosial atau marketplace. 

5. Jasa Guru Privat

Ide bisnis jasa lain yang dapat Anda lakukan adalah menjadi guru privat. Menjadi guru privat merupakan salah satu bisnis modal kecil yang cocok untuk Anda apabila ingin menghasilkan uang sembari meningkatkan skill. Terlebih jika Anda memiliki cita-cita sebagai seorang guru. Anda dapat menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama. Sering dijumpai mahasiswa jurusan keguruan menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan mereka dengan modal ilmu yang dikuasai.

Dengan teknologi yang terus berkembang saat ini, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menjadi jasa tutor online. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Google Meet, Zoom atau fitur video call di Whatsapp dan line. Untuk tarifnya Anda dapat menyesuaikan dengan materi yang akan diberikan. 

6. Jasa Penerjemah

Ide bisnis jasa selanjutnya adalah jasa penerjemah. Walaupun dengan kemajuan teknologi sekarang kita dapat menerjemahkan semua bahasa hanya dengan Google Translate. Akan tetapi, jasa penerjemah ini masih dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen penting dan dokumen dalam jumlah banyak. Contohnya seperti jurnal penelitian, buku, novel, dan dokumen pemerintahan. Di beberapa instansi pemerintah membutuhkan seorang penerjemah untuk berkomunikasi dengan negara lain. 

Menjadi seorang penerjemah merupakan salah satu profesi yang keren karena Anda menguasai beberapa bahasa yang tidak semua orang paham. Dengan skill bahasa yang Anda miliki, Anda dapat meraup keuntungan.

7. Jasa Desain Grafis

Bisnis rumahan dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka jasa desain grafis. Apabila Anda mempunyai skill software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lainnya, Anda dapat mencoba jenis bisnis ini. Ditambah bantuan perkembangan teknologi sekarang akan memudahkan Anda untuk mencari referensi dan bahan. Bisnis ini dapat dilakukan di rumah saja dengan bermodalkan PC, maka Anda dapat meraup keuntungan dari sana. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan perusahaan seperti desain blog, desain iklan di banner, desain web, dan lainnya. Bahkan para pebisnis online juga membutuhkan jasa Anda untuk mendesain konten media sosial mereka. 

8. Jasa Menulis Artikel 

Selain hobi desain, buat Anda yang hobi menulis juga dapat menghasilkan keuntungan. Apabila Anda terbiasa untuk membuat artikel, Anda dapat membuka jasa tersebut. Selain hobi desain dan memotret, hobi menulis juga bisa menghasilkan keuntungan. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis artikel untuk meningkatkan brand awareness dan kebutuhan promosi mereka.

Menulis artikel memiliki peluang usaha yang besar dan dapat Anda lakukan dari rumah. Terlebih jika Anda dapat menulis artikel dengan SEO-firendly akan menjadi nilai plus. SEO bermanfaat dalam pengembangan situs atau sebuah website perusahaan. Sehingga para pebisnis atau pelaku usaha membutuhkannya. 

Baca Juga : 3 Peluang Bisnis Patut Dicoba, Dari Modal Kecil Bisa Raih Keuntungan Besar!

 

Itulah 8 ide bisnis jasa yang penting untuk Anda ketahui. Mendirikan bisnis memang bukan hal mudah. Butuh keberanian dan keterampilan khusus untuk dapat mengambil risiko dan mengenali pasar. Jika bisnis Anda sudah berkembang pesat, tentu Anda membutuhkan perlindungan khusus untuk melindungi tempat bisnis Anda dari segala risiko tidak terduga seperti kebakaran, banjir, atau gempa bumi. Asuransi Raksa memberikan perlindungan maksimal bagi bisnis Anda dengan menyediakan produk Raksa Autocare Insurance untuk Anda yang ingin membuka bisnis di rumah dan produk Raksa Store Care Insurance untuk melindungi aset ruko kesayangan Anda. Dapatkan berbagai penawaran menarik dengan fasilitas dan layanan yang profesional. Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

PT Asuransi Raksa Pratikara telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait

Mengatur Keuangan: Keinginan atau Kebutuhan?

Selengkapnya