Bagikan ke

19 November 2022

Catat! 10 Strategi Jitu Membangun Bisnis Cafe

Berita Perusahaan | Bisnis

Bisnis Cafe memiliki peluang yang cukup besar dalam dunia kuliner. Ada berbagai pilihan kuliner yang dapat dipasarkan sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan. Bisnis cafe merupakan salah satu usaha yang diminati oleh seorang pebisnis, selain memiliki peluang yang cukup besar. Bisnis cafe juga memiliki banyak peminat terkhususnya para kalangan anak muda. Adanya peminat yang banyak membuat omset pada bisnis cafe menjadi besar.  

Cafe merupakan pilihan tempat yang tepat bagi kalangan muda untuk bersantai sambil menikmati hidangan hingga melepas kepenatan dari rutinitas harian mereka. Saat ini cafe juga menjadi gaya hidup serta tren bagi kalangan muda. Oleh sebab itu, menjalankan bisnis cafe adalah salah satu peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Hanya saja untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki strategi yang tepat agar cafe Anda tidak mengalami kerugian. Lantas seperti apakah strategi yang tepat untuk membangun bisnis cafe menjadi sukses? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: https://www.raksaonline.com/artikel/berita-perusahaan/tingkatkan-omset-berikut-5-langkah-memperluas-pasar-bisnis 

 

1. Cari Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis

Strategi yang pertama untuk membangun bisnis cafe agar sukses adalah dengan memilih lokasi yang strategis. Lokasi menjadi pertimbangan pertama bagi pengunjung ketika ingin datang ke cafe yang mereka tuju. Sehingga pastikan lokasi cafe Anda ramai dan dekat dengan akses jalan raya agar cafe Anda mudah untuk ditemukan.

Selain itu, buatlah cafe Anda menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung. Tempat yang nyaman adalah kunci untuk membuat pengunjung betah dan akan datang kembali ke cafe Anda di lain waktu. Anda dapat melengkapi cafe dengan sofa yang empuk dan menambahkan tanaman hijau agar cafe tampak sejuk. 

2. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tidak hanya lokasi saja, pelayanan adalah hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengembangkan sebuah bisnis cafe. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka akan membuat pelanggan merasa nyaman berada di cafe Anda. Melayani pelanggan bukanlah hal yang mudah, namun bukan hal yang sulit pula. 

Menjadi seorang pebisnis, Anda dituntut untuk dapat memahami suasana hati pelanggan. Apabila pelanggan merasa senang berada di cafe Anda, maka secara tidak langsung mereka dapat merekomendasikan cafe Anda kepada teman-teman ataupun dijadikan sarana tempat berkumpul bersama orang terdekat. 

3. Tambahkan Dekorasi Cafe yang Instagramable

Cafe yang bernuansa Instagramable sangat diminati oleh kalangan muda. Memangnya apa sih cafe instagramable itu? Cafe Instagramable merupakan sebuah cafe yang memiliki dekorasi yang menarik dan unik untuk dijadikan spot foto oleh para pengunjung yang akan dijadikan bahan konten untuk Instagram mereka. 

So, pastikan cafe Anda mempunyai dekorasi yang menarik agar disukai oleh para pengunjung. Anda dapat menambahkan beberapa tema khusus untuk cafe Anda agar lebih tampak estetik. 

4. Melakukan Kerja sama dengan Investor

Strategi lain untuk mengembangkan bisnis cafe Anda adalah dengan menjalin kerjasama dengan investor. Dengan adanya investor akan membantu meminimalisir modal Anda di awal, langkah ini tepat dan efektif agar tidak terjadinya kerugian pada bisnis cafe Anda. 

Apabila usaha Anda belum cukup besar untuk dipercaya oleh orang lain untuk menginvestasikan uangnya, maka Anda dapat memulainya dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga ataupun teman. Carilah orang terdekat yang ingin membangun dan mengembangkan usaha cafe Anda bersama. 

5. Menerapkan Strategi Marketing yang baik

Marketing merupakan bagian penting dalam suatu bisnis, salah satunya dalam bisnis cafe ini. Agar bisnis cafe Anda dapat berjalan lancar dan baik, penting untuk menerapkan strategi marketing yang tepat. Bagaimana sih strategi marketing yang tepat itu? 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisis pasar dan membuat marketing plan. Apabila Anda telah menganalisis pasar, maka audience yang dituju akan dengan mudah tercapai. Seperti halnya  bisnis cafe yang diminati oleh kalangan muda maka Anda harus membuat strategi marketing dengan sasaran anak muda contohnya, melalui pemasaran digital media sosial. Anda dapat memberikan penawaran menarik seperti promo pada awal pembukaan cafe bagi yang telah mengikuti akun Instagram cafe Anda.

6. Membeli Bahan Baku Secara Grosir

Menghemat pengeluaran adalah strategi yang tepat bagi Anda dalam membangun bisnis cafe. Anda dapat menghemat pengeluaran dengan cara membeli bahan baku secara grosir.  Pembelian secara grosir akan membuat harga bahan menjadi lebih murah dan dapat menyiasati kehabisan bahan baku sewaktu-waktu. Meskipun menghemat pengeluaran, kualitas bahan baku juga penting untuk Anda perhatikan ya. 

7. Menyediakan Menu Andalan yang Unik

Setiap cafe tentu memiliki menu andalan yang dipromosikan kepada para pengunjung. Untuk itu, Anda juga harus mempertimbangkan menu andalan yang akan disajikan pada Cafe Anda. Rasa merupakan prioritas pertama, ketika Anda membangun sebuah usaha kuliner. Pastikan bahwa rasa pada menu sajian di cafe Anda mempunyai cita rasa yang tinggi, selain itu Anda juga harus menyajikan makanan dengan bersih. Maka dari itu, Anda harus mengutamakan kualitas menu pada cafe Anda. 

Anda dapat mencoba menyajikan menu-menu kreatif yang diminati oleh kalangan muda. Selain mengkreasikan makanan, Anda juga harus memberikan ide unik untuk nama menu andalan Anda. Seringkali orang-orang tertarik dengan nama-nama menu yang unik dan tidak familiar. Mungkin Anda dapat mencoba membuat variasi menu seperti itu, agar dapat menarik rasa penasaran para pelanggan. 

8. Menyediakan Pesan Antar Online

Di era seperti saat ini, semua orang ingin memiliki fasilitas yang cepat dan efisien. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 kemarin, membuat setiap orang harus berjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk mencegah terjadinya penularan. Hal ini membuat orang-orang terbiasa untuk melakukan segala pesanan secara online. 

Bagi Anda yang ingin mulai membangun bisnis cafe, penting untuk mendaftarkan bisnis Anda ke aplikasi layanan antar secara online maupun membuka layanan pesan antar sendiri melalui media sosial. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memesan makanan atau minuman. 

9. Mengelola Keuangan Bisnis dengan Tepat

Strategi selanjutnya adalah mengelola keuangan bisnis dengan tepat. Pengelolaan keuangan adalah kunci dalam berbisnis, jangan sampai laba yang Anda terima hanya sedikit dibandingkan dengan omset yang telah dikeluarkan. Mengatur keuangan dapat Anda lakukan dengan cara melakukan pembukuan pada awal merintis bisnis. adanya data setiap pengeluaran dan pemasukan pada cafe, akan memudahkan Anda untuk mengatur keuangan dan menghitung keuntungan dan kerugian yang didapatkan. 

10. Menggunakan Asuransi sebagai Pelindung Cafe

Strategi terakhir yang dapat Anda terapkan dalam membangun bisnis cafe adalah menggunakan Asuransi. Dengan menggunakan Asuransi akan memberikan jaminan hal-hal yang tidak diinginkan pada cafe yang akan Anda bangun, hal ini akan menghindari kerugian bagi Anda selaku pelaku usaha yang baru mulai membangun bisnis cafe. 

Baca juga: https://www.raksaonline.com/artikel/berita-perusahaan/5-strategi-bisnis-yang-perlu-anda-ketahui-bikin-jualan-jadi-laris-manis 

 

Nah, itu dia beberapa strategi jitu dan tepat yang dapat Anda terapkan dalam membangun bisnis cafe. Namun, perlu Anda ketahui strategi di atas tidak akan membuahkan hasil jika Anda tidak konsisten dan serius dalam memulai bisnis. Beberapa cara lain juga dapat Anda terapkan sesuai dengan kondisi dan lingkup bisnis yang Anda geluti. 

Khawatir risiko bisnis datang menghampiri Anda, berikan strategi dan perencanaan terbaik untuk bisnis Anda dalam menghadapi segala permasalahan dan risiko yang mungkin saja terjadi di kemudian hari. Asuransi Raksa membantu Anda dalam menghadapi risiko bisnis tidak terduga. Sehingga apabila peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Asuransi Raksa memiliki produk yang bisa memberikan jaminan perlindungan terbaik untuk cafe Anda yaitu Produk Raksa Resto Care Insurance

Selain Raksa Resto Care, Asuransi Raksa Pratikara juga memiliki berbagai pilihan 

produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda untuk perlindungan aset berharga. Informasi produk dapat Anda lihat di website kami. Hubungi via telepon 021-7226865 atau Whatsapp 0857 76 600 600 dan tim terkait kami akan segera menghubungi. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

PT Asuransi Raksa Pratikara telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait