Bagikan ke

27 September 2022

Berkendara Dengan Aman, Berikut 7 Tips Hindari Kecelakaan

Berita Perusahaan | Otomotif


Kecelakaan lalu lintas kini semakin meningkat dari tahun ke tahun, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, baik dari kelalaian pengendara maupun kondisi kendaraan yang tidak layak jalan. Maka dari itu, setiap pengendara memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab atas keselamatan diri dan orang lain di sekitarnya. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi di mana saja, tidak terkecuali di jalan tol yang memiliki resiko kecelakaan tertinggi saat ini. 

Setiap orang dapat menghindari kecelakaan lalu lintas dengan cara mengutamakan safety driving, seperti mempersiapkan perlengkapan berkendara, mempunyai surat izin mengemudi dan yang paling penting Anda dalam kondisi sehat untuk berkendara. Hanya saja masih banyak yang tidak mematuhi hal tersebut, sehingga menyebabkan kelalaian ketika berkendara. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui cara menjaga diri agar dapat berkendara selamat sampai tujuan. 

Baca Juga : 8 Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

 

1. Periksa Kendaraan Secara Berkala 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar aman saat berkendara adalah melakukan pengecekan kendaraan secara berkala. Dengan rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan ke bengkel akan mengetahui kondisi kendaraan layak jalan atau membutuhkan penanganan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. 

2. Jangan Menggunakan Telepon Genggam

Selanjutnya, hal yang seringkali dilakukan oleh para pengendara ketika mengemudi adalah bermain telepon genggam baik berkomunikasi ataupun melihat notifikasi masuk. Namun, kesalahan ini akan mengakibatkan kefatalan karena dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tidak membiasakan bermain telepon genggam saat berkendara. 

3. Menggunakan Safety Belt

Safety Belt sangatlah penting bagi pengendara mobil, apabila Anda mengalami kecelakaan atau tabrakan maka Anda akan terlindungi dari benturan stir karena Anda akan tertahan oleh safety belt yang terikat di badan. Menggunakan safety belt dengan benar dan tepat akan melindungi Anda sepenuhnya ketika mengemudi. 

Jika safety belt sebagai pelindung pengendara mobil, maka helm sebagai pelindung bagi pengendara motor. Tidak sedikit pengendara motor yang masih menyepelekan fungsinya. Kewajiban memakai helm akan melindungi kepala Anda dari risiko terburuk jika terjadi kecelakaan. 

4. Menjaga Jarak Aman

Untuk menghindari kecelakaan lainnya adalah dengan menjaga jarak aman antar pengendara satu dan lainnya. Dengan menjaga jarak, maka akan memberikan ruang yang dapat Anda manfaatkan untuk bermanuver apabila kendaraan di depan Anda berhenti mendadak. 

Dalam menjaga jarak aman antar mobil, Anda dapat menggunakan teknik 3 detik. Teknik ini sangat sederhana, Anda hanya menentukan patokan benda statis seperti tiang lampu yang dilalui oleh mobil depan, lalu Anda berhitung selama 3 detik. Apabila Anda melintasi tiang lampu tersebut dengan waktu lebih dari 3 detik, maka jaga jarak antar mobil Anda sudah aman. 

5. Menjaga Batas Kecepatan

Batas kecepatan sangatlah penting dalam berkendara, Jika kendaraan melaju terlalu pelan dapat membuat kendaraan di belakang Anda tidak dapat mengantisipasi jarak ataupun kecepatan mobil. Sedangkan kendaraan yang melaju kencang akan menimbulkan tabrakan jika kehilangan kendali. Dalam Permenhub No. 111 Tahun 2015 Pasal 3 menyatakan batas kecepatan di jalan bebas hambatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. 

Sementara di jalan tol batas kecepatan kendaraan telah diatur dalam Undang-Undang, namun masih banyak pengendara yang mengabaikan peraturan tersebut. Batas kecepatan minimal di jalan tol dalam kota adalah 60 Km/jam dan kecepatan maksimalnya 80 Km/jam. Sedangkan batas kecepatan minimal jalan tol luar kota adalah 60 Km/jam dan kecepatan maksimalnya 100 Km/jam. Penting bagi Anda untuk mematuhi peraturan batas kecepatan minimal dan maksimal di jalan tol agar dapat menghindari kecelakaan. 

6. Tetap Konsentrasi dan Waspada

Hal yang tidak kalah penting yang perlu Anda perhatikan saat berkendara adalah berkonsentrasi dan tetap waspada. Dengan penuh konsentrasi akan membuat Anda terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, simpan telepon genggam Anda dan persiapkan segala kebutuhan Anda sebelum keberangkatan sehingga hal tersebut tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara. 

Selain berkonsentrasi dan waspada Anda juga harus menjaga emosi saat berkendara. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana jalanan tetap kondusif. Jika Anda berkendara dengan emosi maka dapat berisiko menimbulkan kecelakaan. Mungkin ini terlihat sepele, namun apabila diabaikan dapat membahayakan pengendara lain.

7. Jangan Bermanuver Secara Ekstrem

Manuver merupakan sebuah reaksi pengemudi saat melakukan tindakan seperti mengerem mendadak, zig-zag, berbelok, menyalip kendaraan, dan situasi khusus lainnya dalam berkendara. Bermanuver juga penting dalam berkendara, namun Anda memerlukan tips aman untuk melakukan manuver karena kecelakaan sering terjadi akibat bermanuver secara tiba-tiba. Sehingga membuat kaget pengendara lain dan kehilangan konsentrasi. Ada beberapa tips aman dalam bermanuver, yaitu :

-  Driving Technique

Tips aman yang pertama adalah Anda harus mengetahui driving technique atau teknik mengemudi. Hal ini perlu dilakukan dengan benar dan selalu melakukan deselerasi atau cover brake di kondisi yang mengharuskan pengemudi untuk melakukan manuver secara halus untuk menjaga keseimbangan kendaraan. 

- Memperhatikan Posisi Duduk

Tips aman yang kedua adalah memperhatikan posisi duduk dengan tepat dan nyaman agar Anda dapat mengendalikan kendaraan dengan baik. Posisi duduk yang benar dapat membantu Anda bermanuver dengan baik. 

- Mengetahui Track Area

Tips aman yang terakhir adalah mengetahui track area atau lintasan jalanan yang akan Anda lewati. Sebagai pengemudi, Anda harus menyadari bahwa jenis dan lebar jalanan yang dilalui akan berbeda-beda. Anda harus dapat memahami kondisi jalan yang akan dilewati seperti bergelombang atau berlubang, sehingga Anda dapat menyesuaikan kemampuan mesin kendaraan Anda. 

Baca Juga: Jangan salah pilih mobil! Simak bedanya mobil listrik dan BBM

 

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika ingin berkendara agar tetap aman dan selamat sampai tujuan. Sebagai seorang pengendara Anda wajib untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keamanan dan kenyamanan bersama. Jadilah pengendara yang patuh dan berkendaralah dengan aman. Untuk menambah keamanan Anda selama berkendara, penting bagi Anda untuk menggunakan Raksa Accidentcare Insurance untuk memberikan jaminan dan perlindungan bagi Anda bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. 

Dengan produk unggulan Asuransi Raksa, Anda juga dapat melindungi kendaraan kesayangan Anda baik mobil ataupun motor dengan produk Raksa Autocare Insurance dan Raksa Motorbike Insurance. Sehingga apabila risiko yang tidak diinginkan terjadi, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih banyak untuk melakukan perbaikan kendaraan. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi melalui www.raksaonline.com dan berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24 Jam, layanan derek, serta REQS juga dapat Anda akses dimanapun Anda berada. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.
 

PT Asuransi Raksa Pratikara telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Artikel Terkait