Bagikan ke

26 September 2022

Apa sih itu bulldozer ? Yuk kenali fungsi dan komponennya!

Berita Perusahaan |

Bulldozer adalah salah satu alat berat yang memiliki peranan penting dalam pembangunan konstruksi, seperti meratakan tanah. Selain itu apa aja ya? Yuk simak fungsi bulldozer berikut!

Bulldozer adalah salah satu jenis alat berat yang berfungsi untuk pembangunan konstruksi. Bulldozer berbentuk seperti traktor yang mempunyai rantai dan dilengkapi dengan pisau di bagian depannya. Pisau pada bagian traktor memiliki fungsi sebagai penarik beban, menggali, menimbun, dan meratakan tanah. Bulldozer dapat beroperasi di daerah yang lunak hingga keras sekali pun. Apabila di tanah yang keras bulldozer akan menggunakan ripper atau alat garpu sedangkan saat di tanah rawa akan menggunakan swamp dozer.

Setiap bagian-bagian bulldozer memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Bulldozer bergerak dengan cara digerakkan oleh traktor, sehingga bulldozer mempunyai mobilitas yang baik. Selain itu, bulldozer memiliki sistem hidrolik yang berfungsi untuk menggerakan berbagai perangkat kerja yang ada pada bulldozer. Untuk mengetahui lebih dalam bagian-bagian bulldozer beserta fungsinya, Anda dapat menyimak uraian berikut ini!

Baca Juga : 5 Manfaat Rutin Membersihkan Alat Berat

 

1. Menggali Tanah

Kegunaan utama bulldozer yaitu menggali tanah. Seringkali dijumpai bulldozer menggali tanah pada saat pembangunan berlangsung, bulldozer yang menggunakan ripper dapat mengeruk tanah dengan cepat. Dalam satu kali kerukan dapat menggali tanah yang cukup dalam. Tanah yang telah dikeruk akan dipindahkan dengan bulldozer ke tempat yang berbeda, seperti kendaraan angkut ataupun langsung ke tempat yang membutuhkan tanah. 

2. Menimbun Tanah kembali

Setelah melakukan penggalian tanah, bulldozer juga berfungsi untuk menimbun tanah kembali agar dapat tertutup seperti semula. Biasanya proyek yang dilakukan seperti penanaman kabel di bawah tanah, memasang tiang penyangga bangunan, membuat gorong-gorong dan penutup jalur pipa gas alam ataupun jalur pipa minyak. 

3. Penebasan

Kegunaan bulldozer yang ketiga ialah untuk melakukan penebasan atau pembersihan. Bulldozer dapat digunakan untuk membersihkan lahan yang berupa semak, gundukan tanah, batu, sisa-sisa penebangan pohon, dan lainnya yang mengganggu jalan proyek.  

4. Perintisan Lahan

Kegunaan bulldozer selanjutnya adalah merintis lahan. Bulldozer yang bekerja dengan cara mendorong dan menarik ini dapat melakukan pekerjaan untuk membuka lahan. Bulldozer akan membuat jalan untuk jalur transportasi kendaraan atau alat mekanis, meratakan tanah, dan membuat jalur aman untuk proyek. Pekerjaan ini akan dilakukan setelah proses penebasan.

Dalam proyek perintisan lahan, bulldozer berfungsi untuk membuat jalur drainase. Bulldozer memiliki tenaga yang besar sehingga akan membuat saluran air lebih cepat dan mudah, hal ini berguna di beberapa proyek yang membutuhkan saluran air.

5. Alat Angkut Jarak Pendek

Kegunaan bulldozer lainnya adalah sebagai alat angkut. Dengan serok yang besar dapat memuat material dan dapat memindahkannya ke tempat lain. Oleh karena itu, bulldozer sering digunakan untuk mengangkut material seperti batu, pasir, tanah, dan lainnya. Namun, bulldozer hanya dapat mengangkut dengan jarak pendek seperti pindah di dekat lokasi proyek karena bulldozer tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, roda besi dan roda karetnya yang hanya efisien pada jarak pendek. 

6. Menarik Beban Berat

Selain mengangkat material, serok pada bulldozer juga dapat dimanfaatkan untuk menarik peralatan mekanis yang macet ataupun rusak di sekitar proyek. Bulldozer mempunyai kekuatan yang kuat untuk menarik beban yang berat.

7. Penyebaran Material 

Kegunaan dari alat bulldozer yang terakhir adalah menyebarkan material. Contohnya menyebarkan tanah dalam proyek perataan lahan, dengan bulldozer Anda dapat menyebarkan tanah yang menumpuk dan menyebarkan ke tempat lain agar lahan menjadi rata. 

Pekerjaan ini banyak digunakan pada saat proyek pembangunan seperti mengangkut pasir dan semen yang disebarkan ke pos-pos yang ada di proyek, sehingga dapat mempercepat waktu. 

Bagian-Bagian Bulldozer

Bulldozer memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing. Berikut beberapa bagian bulldozer beserta fungsinya :

1. Blade  

Bagian pertama adalah blade. Blade merupakan bagian bulldozer yang berfungsi untuk memindahkan dan mendorong material. Blade sendiri berbentuk seperti serok yang terbuat dari besi dan mempunyai ketahanan yang tinggi. 

Di dalam penggunaannya, blade mempunyai beberapa jenis:

- Universal Blade berfungsi untuk mendorong material dengan jumlah yang banyak. 

- Angling Blade berfungsi untuk side casting, cutting ditches, pioneering road, serta side hill out.

- Straight Blade merupakan blade yang digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan. 

- Cushion Blade berfungsi untuk pemeliharaan jalan dan pekerjaan dozing lainnya  yang dilengkapi dengan cushion rubber. 

- Light Material U-Blade adalah blade yang digunakan untuk kebutuhan material kohesif ringan.

- Bowl Dozer Blade berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pada bulldozer baik untuk mendorong ataupun mengangkat material. 

2. Lift Cylinder

Lift cylinder adalah bagian blade yang memiliki peran untuk menggerakkan blade. Bagian ini termasuk ke dalam power cylinder yang akan melanjutkan tenaga hidrolik agar blade dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan. Level lift cylinder dapat dikontrol secara langsung dari kabin bulldozer. 

3. Carrier Roller

Carrier roller memiliki peranan penting dalam bulldozer. Carrier roller berfungsi untuk menahan main frame. Bagian ini juga dikenal dengan track roller yang berfungsi sebagai penahan track shoe sehingga selalu tetap di posisinya. Sebagaimana, bulldozer mempunyai mobilitas yang baik. 

4. Sprocket

Sprocket adalah bagian pada bulldozer yang berfungsi untuk menggerakan track. Bagian ini adalah gear yang akan memberikan tenaga putar yang berasal dari mesin sehingga bulldozer dapat bergerak dengan baik. 

5. Main Frame

Main frame merupakan kerangka utama yang masuk ke dalam golongan undercarriage bulldozer yang berfungsi sebagai tempat track roller agar dapat menahan track shoe pada posisinya. Selain itu, main frame berfungsi sebagai alur carrier roller

6. Straight Frame

Straight frame adalah lengan atau tumpuan blade karena langsung berhubungan dengan blade melalui engsel. Sehingga blade dapat bergerak secara bebas, untuk mengangkat atau merekrut material. Straight frame berfungsi sebagai penyangga blade

7. Track

Track merupakan bagian yang mempunyai peranan penting sebagai roda bulldozer. Track berhubungan langsung dengan permukaan jalan dengan meneruskan tenaga dari mesin sehingga membuat bulldozer dapat bergerak. 

8. Cutting Edge

Cutting edge merupakan bagian bulldozer yang berfungsi untuk meratakan tanah. Bagian ini termasuk ke dalam blade, dengan adanya gerigi pada cutting edge membuat tanah dapat diratakan dengan baik. 

9. End Bit

End bit berfungsi untuk mengambil material agar dapat masuk ke dalam blade. Posisi end bit berada di pojokan atau di samping blade dan sedikit menjorok keluar. 

10. Cabin

Cabin merupakan ruang kendali bulldozer. Cabin menjadi tempat operator bulldozer melakukan tugasnya dengan mengendalikan bulldozer sesuai dengan kebutuhan. Posisi cabin berada di upper structure bulldozer.  

11. Engine

Engine merupakan sumber penggerakan. Engine berfungsi untuk menghasilkan tenaga pusat yang akan menggerakan bulldozer sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga : Menakjubkan! Berikut 7 Alat Berat Terbesar di Dunia dan Fungsinya

 

Nah, itu dia informasi seputar definisi serta fungsi alat berat bulldozer. Proyek dapat berjalan lancar ketika alat berat bekerja efisien sesuai dengan kegunaan dan okupasinya. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama pengerjaan proyek, penting bagi Anda untuk memperhatikan lingkungan proyek, merawat dan memberikan perlindungan pada alat berat. Jika ingin merasa aman ketika menggunakan bulldozer, Anda dapat membeli asuransi untuk menjamin perlindungan alat berat Anda. Raksa Heavy Equipment Insurance dapat menjadi pilihan terbaik untuk memberikan jaminan bagi alat berat Anda, bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Jadi Anda lebih aman dan nyaman dari risiko kerusakan alat berat yang dapat terjadi dan menyebabkan kerugian finansial.

Selain Raksa Heavy Equipment Insurance, Asuransi Raksa Pratikara juga memiliki berbagai pilihan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda untuk perlindungan aset berharga. Informasi produk dapat Anda lihat di website kami. Hubungi via telepon 021-7226865 atau Whatsapp 0857 76 600 600 dan tim terkait kami akan segera menghubungi. 

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

PT Asuransi Raksa Pratikara telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan