Bagikan ke

16 November 2022

Apa Itu Alat Berat Pertambangan? Yuk Kenali Jenis dan Fungsinya

Berita Perusahaan |

Alat berat memiliki peran penting untuk mendukung aktivitas pertambangan agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Jika Anda adalah seorang pebisnis dalam dunia pertambangan, tentu penting bagi Anda untuk memahami setiap jenis dan fungsi dari alat berat yang ada di lokasi pertambangan, hal tersebut agar dapat menghemat biaya dan tenaga dalam proses penambangan. Sesuai dengan fungsinya masing-masing, alat berat tambang terbagi menjadi beberapa jenis, berikut penjelasannya :

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Membersihkan Alat Berat

 

  1. Bulldozer

Bulldozer memiliki peran penting sebagai alat bantu pertambangan untuk mendorong dan meratakan bahan tambang. Secara umum, bulldozer memiliki fungsi utama untuk membuka, meratakan, dan membersihkan lahan pertambangan agar proses penambangan dapat bekerja secara optimal dan berjalan dengan lebih cepat. 

  1. Conveyor Belt

Conveyor belt memiliki fungsi utama untuk memindahkan bahan tambang dari lokasi pertambangan ke lokasi drop point. Alat berat conveyor belt membuat aktivitas tambang berjalan dengan lebih cepat dan efisien karena dapat memindahkan bahan tambang seperti tanah, pasir, dan batu dalam jumlah besar secara terus menerus, sehingga proses penambangan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

  1. Wheel Loader

Wheel loader memiliki fungsi utama sebagai alat muat dan alat angkut material tambang dalam jumlah besar. Dari lokasi tambang, wheel loader akan membawa bahan material ke conveyor untuk dipindahkan ke lokasi drop point. 

  1. Dump Truck

Dump truck memiliki fungsi yang sama dengan truk namun kapasitas angkut lebih besar.  Dump truck sangat efisien digunakan di lokasi tambang karena selain mampu memuat kapasitas material yang besar, dump truck lebih fleksibel dan tidak tergantung pada medan atau jalur pertambangan yang dilewati.  

  1. Excavator

Sama halnya dengan bulldozer, excavator merupakan jenis alat tambang yang multifungsi. Excavator sering digunakan untuk melakukan penggalian dan juga pengangkutan material tambang ke alat berat lain seperti dump truck. Excavator biasanya digunakan sebagai alat tambang di lokasi pertambangan emas, nikel, dan batu bara.

  1. Motor Grader

Motor grader merupakan alat bantu pertambangan yang memiliki fungsi utama untuk meratakan permukaan tanah. Mengingat bahwa lokasi pertambangan memiliki medan yang berbeda-beda, motor grader membantu dalam meratakan akses atau jalan ke lokasi pertambangan sehingga dump truck atau alat angkut lainnya dapat mengakses lokasi tambang tersebut dengan lebih mudah tanpa menumpahkan bahan material tambang yang sudah diangkut.

  1. Water Truck

Seperti namanya, water truck memiliki fungsi utama untuk membawa air ke lokasi pertambangan. Sebagai alat bantu pertambangan, water truck berperan untuk menjaga lokasi tambang tetap lembab sehingga aktivitas pertambangan dapat terlaksana dengan lebih aman tanpa khawatir terjadi kecelakaan akibat debu yang mengganggu aktivitas dan jarak pandang.

  1. Dragline

Dragline merupakan alat berat pertambangan multifungsi yang dapat melakukan penggalian bahan tambang dari lokasi agak jauh dari material tambang. Biasanya dragline digunakan di lokasi pertambangan yang bahan tambangnya terdapat di bawah air dengan kedalaman hingga 65 meter. Cara kerja dragline cukup sederhana, dengan menggunakan bucket yang dikaitkan ke tali pengangkat, maka dragline mampu mengangkat bahan tambang dan memindahkannya ke alat angkut pertambangan lainnya seperti dump truck atau wheel loader.

Baca juga: Cegah Risiko dan Kerugian, Lindungi Aset Bisnis Anda dengan Asuransi

 

Itulah berbagai jenis alat berat yang sering digunakan dalam aktivitas pertambangan. Tentu masih banyak jenis alat berat lainnya yang dapat Anda gunakan di area pertambangan dengan menyesuaikan fungsi dan juga kondisi dari area pertambangan Anda. 

Tingginya angka kecelakaan dan kerugian akibat kerusakan alat berat, Raksa Heavy Equipment Insurance dapat menjadi pilihan terbaik untuk proteksi menyeluruh terhadap berbagai alat berat yang Anda miliki, sehingga proses pertambangan dapat berjalan lebih aman dan nyaman tanpa adanya rasa khawatir lagi akan kerusakan alat berat akibat risiko tertentu, sesuai dengan yang dijamin dalam polis.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Raksa Heavy Equipment Insurance atau produk asuransi lainnya dapat menghubungi marketing kami di (021) 3859007 atau mengirim email ke marketing11@araksa.com.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

Artikel Terkait