Bagikan ke

19 November 2022

8 Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Berita Perusahaan | Otomotif

Hemat bahan bakar dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan kenaikan harga BBM. Caranya ternyata cukup mudah, Anda hanya perlu memperbaiki kebiasaan buruk dalam berkendara agar dapat menggunakan dan merawat berbagai fitur dan komponen mobil dengan lebih baik dan benar. Cara ini terbukti efektif, sehingga tidak perlu lagi khawatir bahan bakar mobil cepat habis saat melakukan aktivitas di luar rumah. Berikut ulasannya:

Baca juga: Alami Rem Mobil Blong Saat Berkendara? Ini yang Harus Dilakukan

 

  1. Ketahui Jenis Kendaraan

Sebelum mulai mencari tahu bagaimana cara melakukan penghematan bahan bakar kendaraan, pastikan bahwa Anda telah mengetahui dan mengenali jenis kendaraan Anda dengan benar. Mengetahui jenis kendaraan akan membantu Anda untuk lebih mudah melakukan perawatan fitur dan komponen sehingga dapat meminimalisir kesalahan gaya berkendara yang dapat menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar.  

Sebagai contoh, jika Anda berkendara menggunakan mobil gigi, pastikan bahwa Anda telah melakukan pergantian gigi dengan benar. Jangan mengganti gigi pada putaran mesin yang tinggi, hal tersebut akan membuat bahan bakar mobil terbuang sia-sia. Sebaliknya, jika Anda berkendara menggunakan mobil matic, pastikan bahwa anda berkendara pada kecepatan yang stabil, sehingga dapat penghematan bahan bakar dapat dilakukan dengan lebih efisien. 

  1. Lakukan Servis Berkala

Melakukan servis berkala akan membantu Anda memantau kondisi mesin dan saluran bahan bakar agar tetap bersih dan terjaga. Mesin dan saluran bahan bakar yang kotor akan membuat mesin menjadi cepat panas dan mudah lelah, sehingga butuh tenaga ekstra untuk bekerja menghasilkan energi. Oleh sebab itu, rutinlah melakukan servis setidaknya 6 bulan sekali, sehingga Anda bisa lebih irit dan efisien dalam menggunakan bahan bakar kendaraan.

  1. Tidak Boros Menggunakan AC

Sering digunakan namun jarang diperhatikan, penggunaan AC yang boros dapat menjadi penyebab bahan bakar kendaraan cepat habis. Belajarlah untuk bijak dalam menggunakan AC dengan selalu memperhatikan kondisi cuaca dan temperatur udara. 

Sebagai contoh, Anda dapat menyalakan AC dengan suhu rendah jika sedang berkendara di jalanan perkotaan yang panas. Sebaliknya Anda dapat membuka jendela mobil jika sedang berkendara di jalanan bukit yang sejuk. Jangan menyalakan AC dan membuka jendela secara bersamaan. Hal tersebut akan membuat AC mobil menjadi boros dan cepat rusak, karena harus bekerja ekstra untuk menyaring udara luar yang memiliki suhu dan tingkat kebersihan yang berbeda.

Baca juga: Ac Mobil Tidak Dingin? Ketahui Komponen, Penyebab, dan Cara Merawatnya

 

  1. Rutin Periksa Tekanan Ban

Cara menghemat bahan bakar selanjutnya adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan ban. Tekanan ban yang kurang akan mengakibatkan kendaraan menjadi sulit untuk dijalankan, alhasil butuh ekstra bahan bakar untuk dapat menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, tekanan ban yang bagus dan sesuai akan membuat mobil melaju dengan lebih cepat dan ringan, sehingga Anda akan lebih mudah berkendara bahkan di jalanan yang tidak rata sekalipun. 

Anda dapat melakukan pemeriksaan tekanan ban secara mandiri. Gunakan alat pengukur tekanan ban dengan mengarahkan ujung alat ke ujung pentil ban mobil. Lakukan pengecekkan setidaknya satu atau dua bulan sekali untuk dapat memastikan bahwa tekanan ban selalu dalam kondisi yang normal. 

  1. Rajin Mengganti Oli Kendaraan

Rutin melakukan penggantian oli kendaraan akan memberikan keuntungan untuk Anda dalam menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar. Terlambat dalam melakukan penggantian oli akan menyebabkan mesin bekerja tidak maksimal, karena kinerja mesin tersumbat oleh kotoran dan bakteri dari oli yang kotor. Alhasil, butuh bahan bakar ekstra untuk menghasilkan energi gerak pada mesin mobil. 

Melakukan servis rutin dapat menjadi solusi jika Anda tidak memiliki cukup waktu dalam melakukan penggantian oli mobil secara mandiri. Gantilah oli setidaknya setiap 5.000 km, sehingga kualitas oli mesin terjaga dan terjamin kebersihannya. 

  1. Bersihkan Filter Mobil

Tidak hanya rutin melakukan penggantian oli. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan filter mobil agar efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan dapat tetap terjamin. Ada dua filter yang harus Anda perhatikan, filter bensin dan filter udara. Rutinlah membersihkan kedua filter mobil ini setiap 2.000 - 3.000 Km, agar bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran dapat tersaring bersih. Mesin mobil pun tidak perlu bekerja ekstra dan meningkatkan konsumsi bahan bakar untuk memberikan energi gerak pada kendaraan. 

  1. Tidak Berkendara dengan Muatan Berlebih

Pastikan bahwa Anda berkendara dengan kapasitas muatan yang sesuai dengan aturan berkendara. Selain dapat mengancam keselamatan dan memberikan risiko kecelakaan, berkendara dengan muatan berlebih akan membuat mesin mobil bekerja dengan lebih ekstra. Kerja mesin yang ekstra tentu akan mempengaruhi besar penggunaan bahan bakar kendaraan. Jadi semakin besar beban berkendara, semakin boros pula penggunaan bahan bakar.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Beralih bahan bakar ke harga yang lebih murah bukanlah solusi mengatasi permasalahan kenaikan harga BBM. Kualitas bahan bakar yang rendah, yaitu dengan oktan di bawah 95 akan membuat kinerja mesin menjadi lebih ekstra. Alhasil bukan malah melakukan penghematan, pengeluaran justru membengkak untuk membeli bahan bakar dan memperbaiki mesin mobil yang rusak. Jadi, jangan salah dalam membeli bahan bakar. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin agar Anda dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman. 

Baca juga: Mengapa Mesin Mobil Harus Dimatikan Saat Pengisian Bahan Bakar?

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penghematan bahan bakar saat berkendara. Rutin melakukan servis dapat menjadi solusi untuk memastikan bahwa mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik, karena mobil yang boros bahan bakar ternyata tidak hanya ditandai dengan seberapa sering Anda mampir ke SPBU, melainkan suara mesin mobil yang kasar, asap knalpot menghitam, serta bau bensin yang menyengat dapat menjadi indikasi bahwa kualitas mesin mobil Anda sudah menurun. 

Tidak ingin keselamatan, keamanan dan kenyamanan berkendara Anda terganggu, selain rutin melakukan servis untuk efisiensi bahan bakar, melengkapi mobil Anda dengan layanan asuransi terbaik juga perlu untuk dilakukan. Asuransi Raksa memberikan kemudahan bagi Anda dalam berasuransi dengan produk Raksa Autocare Insurance. Ditambah dengan kemudahan pembelian asuransi kendaraan melalui www.raksaonline.com, Anda dapat melakukan perhitungan simulasi asuransi mobil di website kami sehingga Anda dapat mengetahui premi asuransi mobil Anda secara langsung. Berbagai kemudahan lain seperti layanan hotline service 24, layanan derek, serta REQS juga dapat Anda akses dimanapun Anda berada. Info lebih lanjut hubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600.

RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.