3 December 2021

WASPADA BERKENDARA DI MUSIM HUJAN, PERHATIKAN 3 HAL INI!

Berita Perusahaan | otomotif

WASPADA BERKENDARA DI MUSIM HUJAN, PERHATIKAN 3 HAL INI!

Berkendara di musim hujan seringkali memunculkan tantangan tersendiri bagi setiap pengemudi. Selain membutuhkan konsentrasi dan tingkat kewaspadaan yang tinggi, pengemudi juga harus memperhatikan kondisi mobil yang digunakan untuk berkendara. Pasalnya, saat musim hujan tiba jalanan berubah menjadi licin dan seringkali kabut muncul menutupi pandangan. Hal ini akan sangat berbahaya untuk Anda, jika mengemudi tanpa melakukan persiapan apapun. Berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda persiapkan agar lebih aman dan nyaman saat berkendara di musim hujan:

1. Cek Kondisi Ban

Cuaca hujan yang ekstrim dapat membuat jalanan berubah menjadi licin. Anda akan kesulitan mengemudi di jalanan seperti ini, jika Anda tidak memperhatikan kondisi ban Anda. Penting untuk memperhatikan tingkat keausan ban, apakah masih layak guna atau tidak. Anda bisa melakukan pengecekkan dengan memperhatikan batas TWI (Tread Wear Indicator) pada ban. Jika sudah melebihi TWI maka sudah selayaknya ban kendaraan Anda di ganti agar lebih aman saat berkendara. Selain itu, perhatikan juga tekanan angin yang ada pada ban. Tekanan angin yang baik pada ban akan membantu Anda berkendara dengan aman dan nyaman di jalan yang berlubang.

2. Periksa Kampas Rem

Rem adalah bagian penting dari kendaraan yang harus Anda periksa secara berkala. Memastikan kondisi rem dalam keadaan baik akan membantu Anda untuk dapat berkendara dengan selamat. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran dan isi tabung minyak rem sesuai dengan takarannya.

3. Cek Lampu, Wiper, dan Kaca Mobil

Lampu, wiper, dan kaca mobil memiliki peranan penting untuk Anda saat mengemudi di waktu hujan. Anda perlu untuk selalu menyalakan lampu utama mobil selama berkendara. Jika dalam keadaan darurat atau terpaksa harus berhenti di sisi jalan, nyalakan lampu hazard mobil Anda untuk memberi sinyal ke pengendara lain bahwa Anda sedang berhenti di tempat tersebut. Hal ini menjadi penting jika jalanan tertutup kabut. Sebaliknya, jangan menyalakan lampu hazard jika tidak dalam keadaan tersebut, karena dapat membahayakan pengendara lain yang berada di dekat Anda.

Selanjutnya, cek kondisi wiper mobil Anda. Wiper berfungsi untuk membantu menjaga stabilitas pengendara. Wiper yang masih bagus memiliki daya seka yang baik, sehingga tidak menyisakan air pada permukaan kaca mobil. Wiper yang tidak melengkung merupakan salah satu indikasi wiper kendaraan masih dalam kondisi baik.

Terakhir, jangan lupa untuk cek kaca mobil Anda. Perhatikan apakah terdapat celah-celah kaca mobil yang dapat menimbulkan kebocoran atau resapan air hujan masuk ke dalam mobil.  

Sudah memperhatikan ketiga hal teknis tersebut, jangan lupa untuk berhati-hati saat berkendara. Mengemudilah dengan memperhatikan kecepatan kendaraan Anda. Jalanan yang licin karena terkena hujan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Penting bagi Anda untuk bisa menjaga jarak dengan pengendara lainnya. Jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan. Taati aturan berlalu lintas dan kenakan sabuk pengaman. Berikan perlindungan bagi mobil kesayangan Anda, agar Anda bisa lebih aman dan nyaman dalam menghadapi berbagai situasi tidak terduga.

RaksaOnline.com menawarkan kemudahan dalam berasuransi mobil. Anda dapat menghitung besaran premi Anda pada fitur simulasi premi kami. Dapatkan berbagai penawaran menarik dengan fasilitas dan layanan yang profesional. Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.