4 December 2021

APA ITU UJI EMISI? KETAHUI MANFAAT, TIPS, DAN PENJELASANNYA

Berita Perusahaan | mobil

Sosialisasi untuk melakukan uji emisi terhadap kendaraan sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah. Uji emisi kendaraan bermotor ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas udara ibu kota. Kendaraan yang ketahuan tidak lolos uji emisi akan mendapatkan sanksi tilang hingga Rp. 500.000,- dan sanksi tersebut akan mulai berlaku pada 13 November 2021 mendatang. Lantas, apakah Anda sudah mengetahui dengan benar apakah uji emisi itu? Yuk simak manfaat, tips, dan penjelasannya di bawah ini:

Manfaat dari Uji Emisi Gas Buang

Uji emisi merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin kendaraan, apakah memiliki kadar CO2 yang sesuai dengan standar kriteria atau tidak. Adapun untuk pemenuhan standar uji emisi bergantung pada umur dan jenis bahan bakar kendaraannya.  Beberapa prosedur pengecekan harus dilakukan, seperti membersihkan filter udara dan mesin pendingin, serta mengecek knalpot yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas pembakaran dari kendaraan. Apabila kendaraan tersebut sudah dinyatakan lolos dari tes uji emisi ini, maka bengkel akan membantu melakukan input data ke dinas lingkungan hidup dan kemudian hasil uji akan keluar melalui scan QR.

Uji emisi ini memiliki dampak baik, tidak hanya pada kualitas udara lingkungan, melainkan bagi pengendara dan juga kendaraannya. Melalui uji emisi, pengendara akan mengetahui kadar buangan mesin, sehingga dapat menentukan upaya yang tepat dalam menjaga kondisi kesehatan dan performa mesin kendaraan. Jika Anda rutin melakukan servis dan perawatan terhadap sistem pembakaran bahan bakar, tentu Anda tidak perlu khawatir apakah akan lolos uji emisi gas buang atau tidak.

Apa itu uji emisi?

Tips Agar Lolos Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Selain melakukan servis rutin dan memastikan bahwa Anda telah menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan Anda, ada beberapa tips lain yang perlu Anda perhatikan agar bisa lolos dari uji emisi ini, berikut penjelasannya:

  1. Cek Kondisi Koil dan Busi Kendaraan

Jika Anda rutin melakukan servis kendaraan, maka Anda tidak perlu khawatir akan hal yang satu ini. Pasalnya koil dan busi kendaraan memiliki peran yang cukup penting untuk mesin kendaraan. Anda perlu memastikan bahwa kondisi busi tidak dalam keadaan aus dan koil pada mesin dalam keadaan baik agar Anda kendaraan dapat lolos dari pemeriksaan uji emisi.

  1. Cek Saluran Masuk Bahan Bakar dan Filter Udara Kendaraan

Selanjutnya, penting untuk Anda melakukan pengecekan terhadap saluran bahan bakar dan filter udara. Pastikan bahwa kedua hal tersebut dalam kondisi bersih ya dan aliran udara tidak terhambat, sehingga proses pembakaran bahan bakar kendaraan terdeteksi dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

  1. Cek Mesin Pendingin dan Pelumas Kendaraan

Sudah pastikan dua hal diatas dalam kondisi baik, jangan lupakan mesin pendingin dan pelumas kendaraan Anda. Pastikan bahwa saat pengujian emisi dilakukan, mesin pendingin dalam keadaan stabil dan oli sebagai pelumas dalam kondisi baik. Oli akan memengaruhi kadar CO yang dihasilkan, sehingga jika oli sudah lama tidak diganti maka pembakaran bahan bakar tidak akan berjalan dengan optimal dan berdampak terhadap emisi yang dihasilkan. 

Itulah penjelasan dan tiga tips yang bisa Anda lakukan agar dapat lolos dari uji emisi gas buang. Selain ketiga hal diatas, Anda juga perlu memastikan bahwa kendaraan Anda berada dalam kondisi yang sesuai standar pabrik dan tidak ada modifikasi pada kendaraan. Knalpot yang sudah dimodifikasi tidak bisa terdeteksi alat uji emisi, sehingga Anda harus mengembalikan ke bentuk knalpot yang asli terlebih dahulu. 

Sudah paham penjelasan dan manfaat dari uji emisi yang diwajibkan bagi setiap kendaraan bermotor. Selain pemahaman mengenai uji emisi kendaraan bermotor, Anda juga perlu memahami asuransi kendaraan yang tepat guna menambah keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Asuransi Raksa menawarkan perlindungan terbaik bagi mobil Anda. Dapatkan kemudahan dalam berasuransi mobil. Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857 76 600 600. RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.